iPhone 12 Series Ternyata Pakai Chip dari Qualcomm

iPhone 12 6G
Foto: Macworld

Telset.id, Jakarta – Rupanya, iPhone 12 menggunakan chip dari Qualcomm lho. Baru-baru ini, sebuah video teardown iPhone 12 memperlihatkan sejumlah komponen utama yang selama ini belum terungkap.

Video teardown yang diunggah Century Weifeng Technology ini menunjukkan apa saja komponen penting yang dibawa oleh iPhone 12.

Dari video terlihat, logic board iPhone 12 sedikit lebih besar dibandingkan seri sebelumnya. Hal tersebut karena Apple menambahkan chip modem 5G dari Qualcomm pada iPhone terbaru.

iPhone 12 sudah menggunakan modem yang diidentifikasi sebagai Qualcomm X55. Modem ini telah memberikan kemampuan jaringan 5G pada iPhone 12 Series.

{Baca juga: Kapasitas Baterai iPhone 12 Pro Max Terungkap di Daftar TENAA}

Dilansir Telset dari GSMArena, Kamis (22/10/2020), adanya modem 5G dari Qualcomm langsung mengonfirmasi desas-desus bahwa Apple telah menjalin bekerja sama dalam merancang modem 5G untuk iPhone 12.

Apple dalam presentasi peluncuran beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa mereka menggunakan desain antena 5G bikinan sendiri.

Meski memiliki logic board yang lebih besar, ada beberapa komponen yang ukurannya diperkecil untuk merampingkan dimensi keseluruhan dari iPhone 12.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Misalnya, layar OLED yang lebih tipis, Taptic Engine yang jauh lebih kecil, serta kapasitas baterai lebih rendah 15% dibandingkan seri sebelumnya. Ya, iPhone 12 hanya ditopang oleh baterai 2.815 mAh saja.

Pada video diperlihatkan juga rakitan magnetik MagSafe di panel body belakang. Magnet ini dikelilingi ring yang membuatnya bisa mudah dipasangkan dengan aksesoris MagSafe.

Baterai Kecil, iPhone 12 5G Boros Baterai

Menurut uji baterai yang dilakukan oleh Tom’s Guide, menggunakan koneksi 5G di iPhone 12 terbukti menguras baterai. Menggunakan 5G di iPhone 12 dan iPhone 12 Pro bikin daya baterai cepat habis.

Berdasarkan hasil pengujian, dengan koneksi 5G, daya baterai iPhone 12 dan iPhone 12 Pro hanya tahan sekitar dua jam lebih cepat ketimbang menggunakan 4G. Tom’s Guide pun merinci hasil pengujiannya.

Di iPhone 12, daya baterai hanya tahan lebih kurang 8 jam 25 menit dalam setelan konektivitas 5G. Lain hal, ketika koneksi diubah ke 4G, listrik di baterai iPhone 12 bisa awet sampai 10 jam 23 menit.

{Baca juga: iPhone 12 5G Sangat Boros Baterai, Cuma Bertahan 8 Jam}

Bagaimana di iPhone 12 Pro? Sedikit lebih baik, daya tahan baterai iPhone 12 Pro bisa sampai sembilan jam enam menit dalam koneksi 5G. Sementara jika diubah ke 4G, data tahan baterainya 11 jam 24 menit.

Untuk memberi Anda beberapa konteks, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro yang sama-sama hanya mendukung koneksi 4G, daya baterai masing-masing bisa bertahan sekitar 11 jam 16 menit dan 10 jam dan 24 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here