telset

Telset Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Telset.id – Vendor smartphone selalu menjadikan sektor kamera sebagai salah satu fokus utama untuk jadi fitur andalan. Dari sekian banyak ponsel yang dirilis tahun ini, siapakah yang berhak menyabet predikat Best Camera Smartphone di Telset Editor’s Choice 2020?

Kemampuan dari HP kamera terbaik di tahun 2020 terus meningkat. Para pabrikan ponsel pintar menempatkan sektor kamera sebagai fitur andalannya, mulai dari ponsel kelas bawah hingga premium.

Tahun ini memang sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Di Telset Editor’s Choice tahun lalu, kami seluruh tim redaksi berembuk bersama dalam satu ruangan untuk memilih HP kamera terbaik di setiap kategori.

Namun di tahun ini, di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kami untuk menjaga jarak satu sama lain, aplikasi video conference Zoom menjadi solusi terbaik untuk melakukan rapat redaksi jarak jauh.

Sempat ada perdebatan saat kami harus menentukan ponsel mana saja yang berhak masuk sebagai kandidat terbaik dalam Telset Editor’s Choice untuk kategori Best Camera Smartphone. Tim redaksi Telset akhirnya menetapkan lima kandidat:

  • Huawei P40 Pro
  • Samsung Galaxy Note20 Ultra
  • Xiaomi Mi 10
  • Oppo Reno4
  • Vivo X50 Pro.

Pada akhirnya, melalui diskusi dan menilai sesuai parameter yang sudah ditentukan, tim redaksi Telset sepakat memilih Huawei P40 Pro sebagai yang berhak meraih predikat Best Camera Smartphone di Telset Editor’s Choice 2020.

Kenapa Kami Memilih Huawei P40 Pro?

Telset Editor’s Choice
Huawei P40 Pro terpilih sebagai Best Camera Smartphone di Telset Editor’s Choice 2020 (Telset.id)

Berdasarkan penilaian independen dan subyektif kami, kamera Huawei P40 Pro memang dapat memberikan kualitas foto maupun video terbaik di segala kondisi.

Meski hanya disematkan sedikit peningkatan saja dibandingkan seri terdahulu, namun peningkatan tersebut dinilai sangat penting untuk meningkatkan kualitas dari hasil foto dan video yang diambil.

Huawei P40 Pro memiliki total enam kamera. Seluruh kamera ini dapat dimanfaatkan untuk membuat konten berupa foto dan video di segala kondisi dengan kualitas mumpuni.

Ada empat kamera belakang dengan konfigurasi Ultra Vision 50MP aperture f/1.9. Kamera ini dikombinasikan dengan lensa ultrawide 40MP Cine Camera, lensa periskop 12MP dengan kemampuan 5x optical-zoom, dan 3D ToF Camera.

{BACA: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

Sementara di bagian depan, ada dua kamera dengan konfigurasi 32MP dan sensor IR Depth.

Kamera utamanya menawarkan konfigurasi berbeda dibandingkan ponsel lainnya. Ketika sensor pada umumnya RGGB, Huawei P40 Pro menggunakan sensor dengan konfigurasi RYYB atau Super Spectrum.

RYYB memungkinkan sensor untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya dibandingkan sensor RGGB, sehingga sensor RYYB sangat mumpuni digunakan saat pemotretan malam hari.

Masih kamera utama, Huawei P40 Pro pun memiliki ukuran sensor hingga 1/1,28 inci yang lebih besar 40% dibanding seri sebelumnya. Bahkan, ukurannya jauh lebih besar dibandingkan sensor 108MP pada Samsung Galaxy S20 Ultra dengan ukuran 1/1.33 inci.

Cine Camera 40MP pada P40 Pro sebenarnya mirip dengan Huawei Mate 30 Pro yang juga meraih Telset Editor’s Choice untuk kategori “Best Camera Smartphone”.

Kamera ini mampu menangkan gambar dengan detail yang bagus, komposisi warna yang cukup dramatis, serta dynamic range yang luas. Lensa pun mampu menangkap foto wide tanpa adanya efek melengkung.

Berbicara P Series terbaru, tentu langsung teringat dengan teknologi kamera periskop. Di sini terdapat kamera 12MP dengan kemampuan 5x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 50x digital-zoom. Sebagai pelengkap, terdapat juga 3D ToF Camera.

Apabila berbicara soal kamera depan, Huawei P40 Pro memiliki kamera selfie dengan fitur autofocus. Ditambah lagi ada IR Depth ang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie bokeh dengan kualitas yang baik.

{VIDEO: Huawei P40 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra: Zoom Test}

Sedangkan untuk video, Huawei P40 Pro mampu merekam video 4K @30fps dan 60fps serta Full HD @30fps dan 60fps. Ada beberapa opsi perekaman di sini, seperti real-time bokeh, Dual View, Timelapse, Slow-mo sampai 7680 fps, bahkan sampai perekaman video malam hari di mode Pro dengan rentang ISO hingga 51.200.

Untuk kandidat lainnya, tidak berarti Samsung Galaxy Note20 Ultra, Oppo Reno4, dan Vivo X50 Pro itu jelek kualitas kameranya. Keempat ponsel pintar tersebut justru memiliki kualitas kamera yang terbaik juga di segmen ini.

Selamat untuk Huawei P40 Pro yang berhasil terpilih menjadi smartphone kamera terbaik 2020 versi tim redaksi Telset. [Tim Redaksi]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0