Telset Editor’s Choice 2019: Best Flagship Smartphone

Best Flagship Smartphone Samsung Galaxy Note10+

Telset.id, Jakarta – Seperti tahun-tahun sebelumnya, persaingan di kelas flagship selalu menjadi yang paling panas saat Telset Editor’s Choice digelar. Hal itu disebabkan ‘kekuatan’ smartphone di kelas ini hampir merata. Dan akhirnya Samsung Galaxy Note10+ yang terpilih sebagai “Best Flagship Smartphone 2019”.

Smartphone yang masuk kategori flagship tentunya memiliki ekspektasi sangat tinggi bagi pengguna. Tidak hanya jago di satu urusan, biasanya smartphone flagship terbaik harus bisa mengakomodir semua kebutuhan pengguna, baik dari sisi fungsionalitas, kualitas dan performa tinggi.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy Note 10+: Memang Powerphone}

Dari beberapa smartphone flagship yang diluncurkan di tahun 2019, kami akhirnya memasukkan 5 nominator Telset Editor’s Choice untuk kategori Best Flagship Smartphone 2019:

  • Huawei Mate 30 Pro
  • Samsung Galaxy Note10+
  • iPhone 11 Pro
  • Reno 10X Zoom
  • Black Shark 2 Pro

Setelah melewati diskusi panjang untuk menentukan pemenang, akhirnya tim redaksi Telset sepakat mememutuskan pemenang Telset Editor’s Choice 2019: Best Flagship Smartphone adalah, Samsung Galaxy Note10+.

Samsung Galaxy Note 10+ bisa sedikit bernafas lega, karena pesaing terberatnya, yakni Huawei Mate 30 Pro, tidak bisa tampil sempurna, karena absennya Google Mobile Service (GMS). Kekurangan ini sedikit “menodai” penampilannya, dan sudah pasti memangkas poin penilaian.

Tidak hadirnya GMS di Mate 30 Pro akan membuat pengguna mengalami sedikit kesulitan, karena tidak menemukan top apps dari Google yang sangat dibutuhkan dan paling sering digunakan, seperti Google Play Store, Gmail, Google Chrome, Google Maps, YouTube, dan lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy Note 10}

Memang Huawei telah mencoba menambal kekurangannya dengan menghadirkan Huawei Mobile Service (HMS). Software bawaan Huawei itu diharapkan bisa menggantikan GMS yang absen di Mate 30 Pro.

Tapi bagi kami, kehadiran HMS masih belum cukup bisa diandalkan untuk menutup kekurangannya. Sebab belum tentu juga aplikasinya bisa berfungsi dengan baik, karena ketiadaan sejumlah fungsi inti dari GMS.

Well, kita kembali membahas sang jawara. Sebagai smartphone flagship penunjang produktivitas, Galaxy Note10+ jelas sudah punya segalanya. Mulai dari layar yang besar, performa kencang, kamera bagus, baterai besar, hingga S-Pen yang paling membuatnya berbeda dari smartphone lainnya.

Galaxy Note10+ adalah varian tertinggi yang ditawarkan Samsung untuk seri Note 10, dengan ukuran layarnya yang paling besar yaitu 6,8 inci dengan resolusi maksimal 1440 x 3040p. Panelnya juga sudah menggunakan generasi terbaru Dynamic AMOLED yang punya kualitas lebih baik dari Super AMOLED.

Dapur pacu yang digunakan adalah Exynos 9825 yang sudah setara dengan Snapdragon 855. Kapasitas memori yang dipasang juga sangat besar, yaitu dengan RAM 12 GB dan internal storage 256GB atau 512GB.

{Baca juga: Layar Samsung Galaxy Note 10+ Kualitasnya Terbaik, Ini Buktinya}

Untuk kebutuhan kerja yang berat, mulai dari editing video, gaming hardcore, dan multitasking berbagai aplikasi pastinya sangat lancar menggunakan smartphone yang satu ini. Apalagi Galaxy Note10+ juga punya fitur Samsung DeX, yang membuatnya dapat digunakan sebagai perangkat pengganti PC.

Untuk urusan kamera, phablet ini juga tak perlu diragukan kualitasnya. Galaxy Note10+ memiliki empat buah kamera yang bisa diandalkan untuk semua kebutuhan. Sensor utamanya 12 MP, dengan aperture f/1.5-2.4, ditambah kamera tele photo 12 MP, f/2.1, ultrawide 16 MP, f/2.2 serta kamera TOF 3D. Fitur kameranya mulai dari EIS&OIS, SuperSteady, Potrait, dan AI Scene Recognition.

Pen tentu tak luput dari keunggulan Galaxy Note10+. Dengan input pressure leve yang tinggi, pengguna bisa dengan sangat fleksibel menggunakan pena pintar untuk menulis atau menggambar, seperti layaknya pena sungguhan.

Ditambah lagi fitur baru pada S-Pen berupa Gesture Navigation pada menu kamera. Kapasitas baterainya cukup besar, yaitu 4300mAh dengan pengisian daya sebesar 25W, bahkan mendukung pengisian hingga 45W.

{Baca juga: Harganya “Wah”, Ini 5 Keunggulan Galaxy Note 10 dan Note 10+}

Dari segi desain, material kaca Gorilla Glass 6 dan frame berbahan metal menyempurnakan wujudnya yang elegan. Tiga warna yang ditawarkan Samsung, antara lain Aura Glow Aura White dan Aura Black jadi pilihan yang hadir bagi konsumen di Indonesia.

Penilaian ini bersifat independen dan subyektif dari tim redaksi Telset berdasarkan beberapa kriteria dan parameter yang sudah ditentukan untuk menjadi acuan penilaian. Kami juga memprioritaskan perangkat yang masuk ke Indonesia, dan yang sudah pernah masuk ke meja redaksi Telset.id untuk direview.

Selamat untuk Samsung Galaxy Note10+ yang telah menyabet predikat Smartphone Flagship Terbaik 2019, pilihan tim redaksi Telset.id. Selamat, Samsung! [Tim Redaksi]

Simak Video “Telset Editor’s Choice 2019: Smartphone Terbaik 2019, Siapa Jawaranya?”

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here