Teknologi Dibalik Foto dan Video Superior Oppo Reno5

Telset.id, Jakarta – Sebagai penerus dari seri sebelumnya, adalah hal yang lumrah jika sebuah perangkat tampil lebih memukau dan lebih ‘pintar’ – setidaknya di satu dan lain bagian, dibandingkan dengan pendahulunya. Dalam kasus Oppo Reno5, ini juga berlaku. Setidaknya di sektor kamera, dimana video menjadi fokus utamanya.

Tentu saja, bukan tanpa alasan Reno5 memilih untuk memperkaya dirinya dengan kemampuan video. Tren video pendek yang meningkat di seluruh dunia dalam hal ini menjadi pemicunya. Tren ini sendiri diprediksi akan terus berlanjut seiring kian dekatnya teknologi 5G yang akan membuat video lebih mudah bukan saja untuk ditonton, tetapi juga diunduh dan dibagikan.

Sejalan dengan hal tersebut, ditambah komitmen seri Reno dalam memberikan pengalaman foto dan video yang superior, OPPO pun mengembangkan sebuah sistem pencitraan yang lebih canggih dan lebih komprehensif, untuk kemudian dibenamkan di badan Oppo Reno5. Mereka menamainya OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System.

Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Oppo Reno5 (Foto: Oppo)

Berkaca pada pengalaman bertahun-tahun dalam teknologi pencitraan ponsel pintar, OPPO percaya bahwa cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah melalui integrasi sempurna antara perangkat keras dan perangkat lunak untuk pencitraan.

{Baca juga: Sah! Oppo Reno5 5G Segera Meluncur di Indonesia}

Berdasarkan pendekatan ini, OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System bekerja dengan perangkat keras pencitraan kelas atas dan perangkat lunak cerdas, ditambah dengan keahlian OPPO dalam mendeteksi berbagai skenario potret dan desain fitur potret pada perangkat ponsel cerdas. Hasilnya adalah pengalaman video potret terbaik bagi pengguna Reno5.

OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Disini, Mesin Peningkatan Kualitas memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam.

Sementara itu, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret. Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

Mesin Peningkatan Kualitas

Mesin Peningkatan Kualitas adalah rangkaian algoritma yang memastikan pengguna dapat menangkap gambar video berkualitas dalam situasi apa pun – cahaya redup, cahaya terang, ataupun gerakan cepat. Mesin ini menjadi dasar dari berbagai fungsi pencitraan inti pada Oppo Reno5, termasuk AI Highlight Video dan Ultra Steady Video 3.0.

AI Highlight Video merupakan teknologi generasi baru yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Dimana dengan mendeteksi level cahaya, perangkat secara cerdas akan menerapkan algoritma guna menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan pada video.

Pertemuan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur sendiri baru kali pertama terjadi di Oppo, dan ini tersedia pada kamera depan dan belakang Reno5. Kini, pengguna hanya perlu menekan satu tombol pada antarmuka kamera untuk mengaktifkan AI Highlight Video dan merekam video dengan jelas, cerah, dan tampak alami.

AI Highlight Video sendiri bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan otomatis, yakni Adaptive Brightness Adjustment, Adaptive Dynamic Range dan Adaptive Noise Reduction.

Adaptive Brightness Adjustment menerapkan Eksposur Otomatis (AE) – Penguatan Adaptif untuk mengontrol waktu pencahayaan dan menjamin kecerahan gambar sambil menjaga video tetap mulus dari satu bingkai ke bingkai lainnya.

Adaptive Dynamic Range menerapkan penyesuaian rentang dinamis ke setiap bingkai dalam video dengan teknologi Dynamic Range Conversion dan Fimic Tone Mapping untuk mengembalikan warna yang hilang, kecerahan, dan kegelapan ke tingkat alaminya. Teknologi ini menggunakan Multi-frame HDR Fusion untuk memberikan rentang dinamis yang lebih besar pada keseluruhan video.

Sementara itu, Adaptive Noise Reduction memperkenalkan inter-frame fusion untuk mengurangi noise temporal dan intra-frame fusion untuk mengurangi noise spasial, yang secara efektif dapat menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail.

Lantas, apa yang dihasilkan dari keberadaan AI Highlight Video ini? Bukan saja video malam hari tampak lebih cerah dan jelas, fitur ini juga hanya butuh waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan rangkaian kalkulasi dan penyesuaian yang terbilang rumit. Selain itu, daya yang dibutuhkan juga 40% lebih sedikit dibanding pendahulunya.

Sementara Ultra Steady Video 3.0 bertugas untuk meningkatkan stabilisasi gambar pada Oppo Reno5. Apapun kondisinya, baik saat sedang berjalan, melompat atau bahkan melakukan olahraga ekstrim.

Next> Mesin Persepsi Potret

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -