Surprise! Ini Perangkat Pertama Huawei Berbasis HongMeng OS

R&D Huawei

Telset.id, Jakarta  – Huawei segera merilis televisi pintar atau smart TV bersistem operasi Hongmeng OS.  TV bernama Smart Screens tersebut akan menjadi produk pertama Huawei yang memakai  sistem operasi buatan Huawei tersebut.

Sayangnya, tidak ada informasi lain mengenai penggunaan sistem operasi di Smart Screens, termasuk tanggal pasti peluncurannya. Yang jelas, dilansir BGR, kabar itu mematahkan isu-isu yang beredar sebelumnya.

{Baca juga: Bos Huawei Pede HongMengOS Lebih Ngebut dari Android dkk}

Dikutip Telset.id, Senin (29/7/2019), HongMeng OS sudah disiapkan oleh Huawei jauh sebelum isu embargo oleh pemerintah Amerika Serikat. Artinya, sistem operasi ini hadir bukan untuk menggantikan Android.

Belum lama ini juga telah ditegaskan HongMeng OS hadir bukan untuk menyingkirkan Android. Senior Vice President Huawei, Catherine Chen, menjelaskan, sistem operasi ini tidak dirancang untuk ponsel.

Ia menyebut, Huawei tetap akan memakai Android di ponsel buatannya. Sementara HongMeng OS kemungkinan hanya untuk keperluan industri. Ia berujar, sistem operasi itu sudah dikembangkan sejak dulu.

Dengan kata lain, OS tersebut bukan baru dibuat akhir-akhir ini seiring embargo pemerintah AS terhadap Huawei. Sistem operasi itu disiapkan oleh Huawei sejak beberapa tahun lalu untuk keperluan khusus.

HongMeng OS merupakan sistem  operasi yang sangat aman karena punya source code lebih sedikit dibanding OS mobile. OS ini pun memiliki latensi sangat rendah dibanding sistem operasi ponsel.

{Baca juga: Huawei Patenkan HongMeng OS di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia}

Pada 9 Agustus 2019, Huawei akan menggelar konferensi pengembang global di China. Menurut laporan situs ifeng.com, pada cara tersebut, Huawei sekaligus akan memperkenalkan sistem operasi buatannya itu ke publik. [SN/HBS]

Sumber: BGR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here