Telset.id, Jakarta – Menjelang berakhirnya tahun 2021, Oppo membeberkan strategi dan rencana mereka di tahun 2022. Oppo bakal fokus pada pengembangan HP dengan teknologi 5G di Indonesia.
Kinerja Oppo di tahun 2021 dapat dibilang sangat baik, apalagi merek ini dapat menguasai market share di urutan teratas pada kuartal 3 tahun 2021 yang dikonfirmasi langsung oleh dua firma besar IDC dan Counterpoint.
Menurut kedua laporan tersebut, Oppo memiliki market share diatas 22%. Oppo disebut menguasai pasar perangkat smartphone dengan rentan harga antara USD 100 (Rp 1,4 jutaan) sampai 300 (Rp 4,2 jutaan).
Baca Juga: Oppo Rilis Reno7 New Year Edition
Selain itu, menurut data yang dihimpun melalui internal, ternyata perangkat Oppo A95 memberikan kontribusi market share Oppo di Indonesia sebesar 30%. Angka yang cukup besar untuk perangkat smartphone yang dijual dengan harga hampir Rp 4 juta.
Berbagai macam kolaborasi seperti dengan game developer, UMKM, hingga sponsorship dalam perhelatan akbar AFF Suzuki Cup dinilai menjadi penyebab tingginya respon konsumen Indonesia terhadap perangkat ini.
“Di tahun 2022, Oppo menjadikan 5G sebagai landasan pengembangan strategi di Indonesia seiring komitmen pemerintah terhadap perkembangan layanan ini yang mulai terlihat semakin serius,,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.
Oppo Fokus Kembangkan HP 5G di Indonesia
Di 2022, strategi Oppo terutama pada produk akan lebih berfokus pada HP 5G. Apalagi, Oppo merupakan pionir panggilan video dengan jaringan 5G pertama di Indonesia.
Tahun depan akan banyak HP 5G buatan Oppo yang bakal dihadirkan dengan teknologi baru. Perangkat ini akan dibuat agar dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.
Kehadiran berbagai prosesor 5G baru membuat kompetisi pasar jaringan generasi kelima semakin tinggi. Hal ini diprediksi membawa keuntungan bagi produsen seperti Oppo untuk membuat harga HP 5G menjadi lebih murah lagi.
Baca Juga: HP 5G Terbaru yang Dijual Resmi di Indonesia
Perkembangan jaringan 5G juga akan membuat peningkatan konsumsi perangkat-perangkat Internet of Things (IoT) di sisi masyarakat. Oppo akan lebih leluasa untuk memasarkan perangkat IoT yang lebih beragam seiring tumbuhnya jaringan 5G di Indonesia.
“Di kuartal pertama tahun 2022, kami sudah menyiapkan beberapa perangkat 5G dan IoT yang akan meluncur di Indonesia, begitupula di kuartal kedua,” beber Aryo.
Aryo menambahkan, Oppo akan menyediakan HP 5G yang sesuai dengan jaringan yang digunakan di Indonesia. Perangkat-perangkat tersebut dapat secara otomatis langsung digunakan pada jaringan generasi kelima jika menggunakan kartu teregistrasi 5G dan berada di jaringan dengan operator yang telah melakukan komersialisasi layanan ini.
Selain itu, di tahun depan, Oppo bertujuan untuk dapat kembali memenangkan hati konsumen Indonesia dengan mendekatkan diri melalui pelayanan kepada konsumen, baik melalui layanan penjualan maupun layanan purna jual secara lebih profesional.
Oppo juga akan menginisiasi semua yang terlibat dalam ekosistemnya termasuk para dealer dan frontilner dalam memanfaatkan layanan digital untuk edukasi produk kepada konsumennya.
Baca Juga: 5 Fitur Gaming di Oppo A95
Walaupun Oppo tidak terpengaruh permasalahan kelangkaan chipset, namun Oppo tetap berkomitmen untuk menjamin ketersediaan produk dan juga kemudahan mendapatkannya.
“Konsumen akan menjadi pusat pengembangan Oppo di tahun depan. Teknologi dan Inovasi baru akan terus digali dengan tujuan membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia di dunia.” tutup Aryo. (HR/MF)