Huawei Y8p: Jagokan Spesifikasi Layar OLED dengan Kamera 48MP

Spesifikasi Huawei Y8p

Telset.id – Huawei diam-diam kembali meluncurkan smartphone terbaru, yaitu Huawei Y8p. Setelah sebelumnya meluncurkan Huawei Y8s, kini Huawei Y8p hadir dengan menawarkan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Huawei Y8p sendiri adalah produk rebranding dari Huawei Enjoy 10s dengan spesifikasi yang terbilang identik. Perangkat tersebut diluncurkan di bulan November 2019 silam, dan kini Huawei meluncurkannya dengan nama berbeda untuk dibawa ke beberapa negara.

Lalu, seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone yang satu ini? Simak ulasan singkatnya, sob!

{Baca Juga: Huawei Y9s: Upgrade Spesifikasi Kamera, Desain Masih Sama}

Spesifikasi Huawei Y8p

Spesifikasi Huawei Y8p

Huawei Y8p menawarkan spesifikasi yang cukup banyak berbeda dibandingkan dengan Huawei Y8s yang diluncurkan Huawei beberapa waktu lalu. Nampaknya, Huawei Y8p memiliki spesifikasi yang unggul meskipun masih dikategorikan sebagai smartphone kelas menengah kebawah.

Buktinya, Huawei Y8p sudah menggunakan teknologi OLED pada spesifikasi layarnya. Layarnya berukuran lebih kecil yaitu 6,3 inci dengan resolusi FHD+ dan rasio 20:9.

Ini pertama kalinya Huawei menghadirkan panel OLED pada perangkat kelas menengah ke bawah mereka. Bahkan di perangkat kelas menengah ke atas pun, Huawei masih banyak menggunakan panel IPS.

Terdapat notch berbentuk waterdrop di bagian atas sebagai tempat untuk satu kamera selfienya. Sementara di body bagian belakangnya, tidak tampak ada sensor fingerprint seperti Huawei Y8s. Rupanya, smartphone ini telah dilengkapi dengan sensor fingerprint di dalam layar.

Untuk dapur pacunya, Huawei Y8p mengusung chipset Kirin 710F. Kirin 710F memiliki konfigurasi yang sama dengan Kirin 710, di mana chipset ini datang dengan fabrikansi 12nm, menggunakan octa-core CPU 4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53 dengan GPU Mali-G51 MP4.

{Baca Juga: Huawei Y8s Resmi Meluncur dengan Kirin 710 & Dual Kamera Selfie}

Bedanya dengan Kirin 710, Kirin 710F memiliki ukuran chipset yang lebih kecil sehingga memungkinkan OEM untuk membuat smartphone menjadi lebih ramping. Untuk kemampuannya sendiri, Kirin 710 berada di antara dengan Snapdragon 660 dan Snapdragon 710.

Chipset tersebut memiliki dukungan GPU Turbo 3.0 yang dapat meningkatkan performa GPU sebesar 20%, yang mendukung di sekitar 20 aplikasi dan game populer.

Pada aspek memorinya, Huawei Y8p memiliki dua opsi RAM dan storage, yaitu 4GB/128GB dan 6GG/128GB. Adapun dukungan memori eksternalnya, smartphone tersebut telah dibekali dengan slot Nano memory hingga 256GB.

Di bagian dayanya, Huawei Y8p memiliki spesifikasi baterai dengan kapasitas 4,000 mAh. Perangkat ini sudah menggunakan port pengisian daya berupa USB-C, namun masih mengandalkan output standar yaitu 10W.

Untuk sistem operaso, Huawei Y8p menggunakan EMUI 10 dengan basis sistem Android 10 AOSP + HMS. Sebagai pengganti Google Play Store, pengguna akan mendapatkan Huawei AppGallery dan layanan terkait.

Kamera Huawei Y8p

Spesifikasi Huawei Y8p

Untuk sepsifikasi kamera Huawei Y8p, di belakang terdapat kamera utama 48MP dengan sensor SuperSpectrum – nama pemasaran Huawei untuk sensor RYYB. Untuk pendukungnya, terdapat sensor ultrawide dengan sensor 8MP dan juga depth sensor 2MP. Kamera ini juga menawarkan Super Night Mode dengan kemampuan penangkapan gambar hingga 6 detik eksposur yang melalui pemrosesan AI.

Sedangkan pada kamera selfienya, smartphone ini menggunakan sensor 16MP. Tidak banyak yang ditawarkan untuk kamera selfie pada Huawei Y8p, karena memang Huawei lebih mengunggulkan kamera utama ketimbang kamera selfie.

Membahas soal kemampuan perekaman videonya, Huawei Y8p mampu merekam video dengan kualitas maksimal 1080p @30fps baik kamera depan maupun belakang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Harga

Spesifikasi Huawei Y8p

Huawei Y8p baru diperkenalkan di Belarusia dengan harga mulai dari 245 Euro atau sekitar Rp 3,9 juta. Terdapat penawaran spesial berupa bonus Huawei Band 4 Pro dengan diskon 99%. Ada dia warna yang dihadirkan, yaitu Breathing Crystal dan Midnight Black.

Huawei Y8p akan hadir pada tanggal 28 Mei 2020. Selain itu, perangkat tersebut akan hadir di Myanmar pada waktu yang belum ditentukan. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here