Xiaomi Mi Mix Fold Diperkenalkan, Harga “Cuma” Rp 22 Jutaan

Telset.id, Jakarta – Xiaomi menyusul Samsung, Huawei, LG, dan Motorola, yang telah lebih dulu merilis ponsel lipat. Perusahaan asal China ini secara mengejutkan meluncurkan smartphone lipat pertama yang bernama Xiaomi Mi Mix Fold.

Seri Mi Mix memang dikenal selalu menghadirkan konsep yang inovatif. Demikian juga dengan Xiaomi Mi Mix Fold yang tidak hanya sekadar sebagai smartphone yang dapat dilipat saja, tapi disertakan juga banyak fitur canggih.

Seperti dilansir dari GizChina, Rabu (31/3/2021), Xiaomi dilaporkan telah menginvestasikan lebih dari 140 juta Yuan untuk proses R&D, agar memastikan pengguna bisa memberikan pengalaman terbaik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini spesifikasi, fitur dan juga harga dari smartphone lipat Xiaomi Mi Mix Fold.

Spesifikasi dan Fitur Mi Mix Fold

Xiaomi Mi Mix Fold
Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi memiliki layar OLED di bagian dalam berukuran 8,01 inci dengan resolusi Full HD+. Menurut penjelasan Xiaomi, ini adalah layar berukuran tablet yang dapat dilipat.

Perusahaan teknologi asal China tersebut mengembangkan engsel berbentuk U yang memiliki bobot 27% lebih ringan dari engsel yang digunakan oleh perangkat lipat lainnya.

Ponsel lipat ini juga sudah melewati 200.000 kali tes lipat selama pengujian. Kemudian uji coba diteruskan hingga 1 juta kali tes lipat.

{Baca Juga: Kejutan! Xiaomi Luncurkan Juga Mi Laptop Pro dengan Intel 11th Gen}

Panel OLED yang digunakan mendukung fitur HDR10+ dan Dolby Vision. Kombinasi ini menawarkan akurasi warna yang tinggi DCI-P3. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan 600 nits hingga 900 nits.

Di bagian luar terpasang layar AMOLED berukuran 6,52 inci. Berbeda dengan layar di dalam, layar eksternal ini punya refresh rate hingga 90 Hz dan touch sampling rate 190Hz. Dilengkapi juga dengan HDR10+ dan Dolby Vision.

Xiaomi menghadirkan inovasi dengan adanya chip pemrosesan gambar Surge C1. Chip buatan sendiri itu  menjalankan algoritma 3A, yang memiliki fokus otomatis, pencahayaan otomatis dan white balance otomatis hemat daya.

Xiaomi Mi Mix Fold
Chip Surge C1

Mi Mix Fold juga memperkenalkan teknologi Liquid Lens pertama di dunia untuk kamera telephoto. Teknologi ini terbuat dari film fleksibel yang diisi dengan cairan transparan.

Menurut penjelasan Xiaomi, teknologi ini memungkinkan lensa berubah bentuk, seperti lensa di mata manusia berkat penggunaan motor yang presisi. Cairan ini dapat beroprasi di bawah suhu ekstrem mulai dari -40 derajat celcius hingga 60 derajat celcius.

{Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10 Series di Indonesia}

Melalui teknologi ini, lensa telefoto dapat mengatur rasio perbesaran optik dari 3x menjadi 30x. Lensa memiliki jarak fokus minimal hanya 3cm. Ini memungkinkannya untuk memotret objek yang jauh dan juga mengambil bidikan makro.

Ponsel lipat Xiaomi tersebut mengemas pengaturan tiga kamera. Kamera utama adalah sensor 108MPSamsung ISOCELL HM2 berukuran 1/1,52″. Sensor tersebut menggunakan skema pengambilan gambar 9-in-1 pixel binning, tetapi tidak memiliki OIS.

Ditambah, ada kamera ultra wide 13MP dengan sudut pandang 123 derajat, serta kamera telephoto 8MP yang juga bertugas sebagai kamera makro.

Xiaomi Mi Mix Fold
Xiaomi Mi Mix Fold

Dari sektor dapur pacunya, smartphone ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 888. Dikombinsaikan dengan varian RAM dan internal 12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB, dan tertinggi 16 GB/512 GB.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Untuk menjaga efisiensi kinerjanya, Mix Fold dilengkapi dengan sistem pendingin “Butterfly type”. Ini menggabungkan ruang uap besar, gel termal, dan beberapa lapisan lembaran grafit.

Perangkat pintar tersebut menawarkan luas area pembuangan panas total 22.583 mm². Ini lebih dari sekadar sistem untuk mengeluarkan panas yang dihasilkan oleh SoC andalannya. Tapi juga menjaga kinerja 5G dan sistem pengisian daya cepat tetap berada di suhu normal.

Xiaomi Mi Mix Fold
Xiaomi Mi Mix Fold

Berbicara mengenai pengisian cepat, ponsel ini dilengkapi dengan teknologi fast charging 67W untuk mengisi baterai 5.020 mAh hanya dalam 37 menit. Xiaomi menggabungkan dua sel baterai 2.460 mAh.

{Baca Juga: 10 HP Xiaomi Terbaru Maret 2021, Harga dan Spek Lengkap}

Makin menariknya lagi, smartphone lipat Xiaomi ini memiliki pengaturan quad speaker yang disetel oleh Harman Kardon. Kemampuan speakernya bahkan diklaim lebih keras dari speaker Mi 10 Pro.

Xiaomi juga mengembangkan algoritma audio spasial 3D yang menciptakan pengalaman imersif saat menggunakan keempat speaker ini.

Harga Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi Mi Mix Fold
Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi menawarkan Mi Mix Fold dalam versi standar dengan bagian belakang Gorilla Glass dan tekstur keramik. Namun ada juga Ceramic Edition yang bagian belakangnya terbuat dari keramik hitam dengan ukiran laser, ditambah bingkai emas di bagian tengah dan tombol power.

Xiaomi Mi Mix Fold akan mulai dijual dengan harga mulai Rp 22 jutaan untuk varian 12 GB/256 GB. Kemudian 12 GB/512 GB dihargai Rp 24 jutaan. Sementara model tertinggi dengan RAM 16 GB dan penyimpanan 512 GB akan dijual dengan harga Rp 28 jutaan.

Perangkat tersebut bakal dilepas dengan skema pre-order di China mulai 16 April. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0