Spesifikasi dan Harga Apple Mac Mini yang Baru Diluncurkan

Telset.id, Jakarta – Apple mengumumkan hadirnya komputer terbaru Mac Mini. Serupa dengan MacBook Pro dan MacBook Air, perangkat ini dipersenjatai chip Apple M1.

Apple Mac Mini merupakan PC dengan desain yang sangat compact. Perangkat ini memiliki case berbentuk persegi dan dibuat dari material berbahan metal.

Dengan penggunaan prosesor Apple M1 terbaru di dapur pacu Mac Mini, perangkat anyar ini jelas menawarkan performa yang menjanjikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah spesifikasi, fitur, dan juga harga dari PC Apple Mac Mini. Check this out!

Spesifikasi dan Fitur Apple Mac Mini

Spesifikasi Apple Mac Mini
Spesifikasi Apple Mac Mini. Foto: Apple

Berbekal penggunaan Apple M1, kinerja perangkat dipastikan bakal meningkat. Raksasa teknologi asal Cupertino mengklaim bahwa chipset ini 2 kali lebih bertenaga pada bagian CPU dari generasi yang sebelumnya.

Sementara untuk kemampuan grafis, GPU dari M1 juga sudah digenjot hingga 5 kali lebih baik. Peningkatan performanya jelas cukup signifikan bila dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya.

Prosesor Apple M1 memiliki konfigurasi berupa CPU dan GPU octa-core, serta 16-core Neural Engine.

{Baca Juga: Laptop MacBook Pro Meluncur dengan Prosesor Apple M1}

Menurut perusahaan yang dirintis Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut, chip M1 adalah prosesor untuk PC pertama yang menggunakan arsitektur 5 nm dengan 16 miliar transistor.

PC desktop terebut mendukung dua display eksternal. Layar pertama sampai resolusi hingga 6K dan layar kedua mendukung hingga 4K.

Selain menggunakan chip M1, Apple juga menyediakan varian Mac Mini lainnya yang menggunakan prosesor Intel i5 dan i7 generasi ke-8.

Berbeda dengan versi M1, varian Intel mendukung tiga display sekaligus. Display pertama hingga resolusi hingga 4K, kedua beresolusi 5K, dan sisanya dengan resolusi 4K.

{Baca Juga: Pakai Apple M1, Baterai MacBook Pro Bisa Tahan Seharian}

Untuk mendukung kinerjanya, Apple membenamkan RAM dengan kapasitas hingga 64 GB untuk versi Intel. Sementara untuk perangkat bertenaga Apple M1, terbatas hingga 16 GB saja.

Memori penyimpanannya juga terdiri dari beberapa varian. Ruang penyimpanan sudah menggunakan teknologi SSD yang membuat kinerja perangkat jadi lebih cepat. Memori yang tersedia mulai dari kapasitas 256 GB hingga 512 GB.

Ketersediaan port-nya mencakup, port Thunderbolt/USB 4, Ethernet, port HDMI 2.0, USB A, dan jack audio 3,5 mm.

Harga dan Ketersediaan

Harga Apple Mac Mini
Harga Mac Mini. Foto: GizChina

Karena banyaknya varian yang tersedia, harga dari Apple Mac Mini juga bervariasi. Perbedaan tergantung besaran RAM dan kapasitas memori penyimpanan yang dimiliki.

Berikut rincian harganya:

  • Mac Mini M1 RAM 8 GB dan SSD 256 GB (USD 699 atau Rp 9 jutaan)
  • Mac Mini M1 RAM 8 GB dan SSD 512 GB (USD 899 atau Rp 12 jutaan)
  • Mac Mini Intel RAM 8 GB dan SSD 512 GB mulai dari USD 1.099 atau Rp 15 jutaan

(HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -