telset

Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III Diresmikan, Kameranya Jagoan!

Telset.id, Jakarta – Smartphone Sony belum habis. Baru-baru ini, dua flagship terbaru, Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III diperkenalkan ke hadapan publik.

Seperti seri flagship Sony lainnya, kedua ponsel pun mengandalkan sektor kamera sebagai daya tarik utama. Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III memiliki kamera telephoto punya variabel focal length yang dapat beralih antara 70mm dan 105mm atau setara dengan 2,9x dan 4,4x optical-zoom.

Kedua ponsel pintar ini menggunakan sensor Sony 12MP untuk kamera telephoto. Ukuran sensornya 1/2.9″ dengan aperture f/2.3 atau f/2.8, yang tergantung dengan focal length yang digunakan.

Kamera ini pun sudah didukung dengan adanya OIS atau optical image stabilization. Kemampuan zoom digital pada kamera ini juga lebih baik daripada Xperia 1 II dan Xperia 5 II, berkat teknologi AI Super Resolution Zoom.

Membahas kamera lainnya, terdapat kamera utama 12MP dengan sensor berukuran 1/1.7″ dan sudah dilengkapi dengan OIS. Ditambah, ada kamera ultra wide 12MP juga dengan ukuran sensor 1/2.6″.

{Baca juga: 10 Aplikasi Kamera Selfie Android 2021, Terbaik dan Paling Hits!}

Sony tak lupa memasang lensa buatan Zeiss dengan lapisan T untuk performa optimal pada kamera Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III.

Dilansir Telset dari GSMArena, Kamis (15/4/2021), Sony pun memberikan ragam fitur kamera pada dua ponsel terbarunya. Terdapat fitur Eye AF Real-time yang sudah berfungsi pada hewan dan manusia, Optical SteadyShot, dan perekaman video 4K @120 FPS.

Kamera depan tidak ada perubahan dibandingkan generasi terdahulu. Kedua smartphone sama-sama mengusung kamera selfie 8MP. Perbedaan antar keduanya, Xperia 1 III memiliki 3D ToF di bagian depan.

Perbedaan Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III

Sony Xperia 1 III Xperia 5 III

Kedua HP terbaru Sony ini memiliki konfigurasi kamera yang hampir identik. Lalu, apa perbedaannya? Layar sebenarnya menjadi pembeda signifikan antara Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III.

Xperia 1 III memiliki layar berjenis OLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 4K. Layar ini punya rasio sinematik 21 : 9, refresh rate 120Hz, dan mampu menampilkan konten HDR.

Selain itu, layar smartphone ini sudah dilindungi Gorilla Glass Victus dan Gorilla Glass 6 di bagian belakang.

Sedangkan Sony Xperia 5 III punya layar OLED berukuran lebih kecil 6,1 inci dengan resolusi Full HD, refresh rate 120Hz, dan mendukung konten HDR. Layarnya pun sinematik 21 : 9, dan dilindungi Gorilla Glass 6.

{Baca juga: Review Huawei Mate 40 Pro: Kamera Monster, Perfoma Nyaris Sempurna}

Kedua smartphone juga sudah memiliki IP65 untuk Xperia 1 III dan IP68 untuk Xperia 5 III. Itu berarti, keduanya tahan debu dan air di waktu tertentu.

Dua HP terbaru dari Sony ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888. Sony Xperia 1 III ditenagai oleh RAM 12 GB dan memori internal hingga 512 GB, sementara Xperia 5 III punya RAM 8 GB dengan memori internal sampai 256 GB.

Kapasitas baterainya sama, 4.500 mAh dengan fast charging 30W. Xperia 1 III lebih baik dengan adanya dukungan teknologi wireless charging.

Andalkan Fitur Multimedia

Sony Xperia 1 III Xperia 5 III

Tak hanya sisi kamera saja, kedua ponsel pun mengandalkan sektor multimedia sebagai salah satu keunggulannya. Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III memiliki speaker stereo dengan dukungan 240Hz Motion Blur Reduction yang cocok untuk gaming.

Sony juga telah melakukan upaya ekstra untuk meningkatkan kemampuan mikrofon selama panggilan suara. Mikrofon pada dua smartphone terbaru ini punya fitur noise cancelling yang bisa mereduksi kebisingan suara di latar belakang.

Bagi gamer yang suka streaming, Sony Xperia 1 III dan Xperia 5 III juga memungkinkan mereka untuk merekam video rekaman game hingga Full HD @ 120 FP.

{Baca juga: 10 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Foto dan Video Makin Ciamik!}

Ada juga fitur Rewind yang memudahkan gamer merekam 30 detik terakhir kejadian selama bermain game. Video tersebut akan langsung tersimpan di galeri ponsel.

Sony Xperia 1 III tersedia dalam warna Frosted Black, Frosted Gray, dan Frosted Purple. Sementara seri lainnya memiliki warna Black, Green, dan Pink. Sony menyatakan, kedua smartphone dijual pada awal musim panas ini dengan harga yang akan dikonfirmasi nanti. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0