telset

Sony Pangkas Produksi PlayStation 5 karena Krisis Chip

Telset.id, Jakarta – Bukan cuma Apple saja yang harus memangkas produksi iPhone 13 karena krisis chip. Kabarnya Sony juga memangkas produksi PlayStation 5 (PS5), karena masalah yang sama. 

Dilansir Telset dari Eurogamer pada Senin (15/11/2021), Sony sebelumnya menargetkan akan Produksi PlayStation 5 lebih dari 16 juta unit. Namun menurut laporan Bloomberg, Sony memotong produksi PS5 menjadi 15 juta unit. 

Alasannya karena kekurangan komponen chip. Kabar ini diperkuat dari pertemuan investor di bulan lalu. Chief Financial Officer Sony Hiroki Totoki menjelaskan kalau penjualan PS5 pada kuartal ketiga 2021 tidak memenuhi ekspektasi.

Hingga Juli 2021 penjualan PlayStation 5 hanya 10 juta atau kalah tipis dibanding penjualan PlayStation 4. Penyebabnya adalah masalah pasokan komponen yang terganggu akibat pandemi Covid-19. 

Komponen yang kekurangan pasokan ada berbagai macam salah satunya chip manajemen daya. Pembuat chip manajemen daya yakni Toshiba Corp. telah memperingatkan bahwa situasi krisis chip akan terjadi hingga tahun 2022.

Baca juga: Sony Rilis Dua Warna Baru DualSense PS5

Sayangnya soal pemotongan produksi PlayStation 5, pabrika asal Jepang ini tidak memberikan komentar Jika rumor ini benar maka pemotongan produksi semakin menyulitkan Sony mencapai target penjualan 14,8 juta unit di Maret 2022.

Sony sebenarnya tidak sendiri menghadapi krisis chip. Rival mereka l Nintendo Co. juga mengalaminya sehingga memangkas target penjualan setahun penuh untuk Nintendo Switch sebesar 1,5 juta unit.

Sedangkan perusahaan game asal Amerika Serikat, Valve Corp mendorong kembali debut konsol portabel Steam Deck dari Desember hingga Februari 2022. Tujuannya demi tetap menjaga tren penjualan di tengah krisis chip.

Produksi iPhone 13 Juga Dipangkas

Produksi PlayStation 5

Selain Produksi PlayStation 5 yang dipangkas, kasus serupa juga terjadi di industri smartphone. Apple dilaporkan memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit.

Dilansir Telset dari Gadget NDTV pada Rabu (13/10/2021), rencananya Apple akan memproduksi 90 juta unit iPhone hingga akhir tahun ini.

Namun, perusahaan asal Cupertino memutuskan untuk memangkas produksi iPhone, termasuk iPhone 13. Menurut sumber anonim kepada Bloomberg, produksi iPhone 13 akan dipangkas hingga 10 juta unit.

Baca juga: Produksi iPhone 13 Dipangkas Akibat Krisis Chip Global

Alasannya karena pemasok chip, yakni Broadcom dan Texas Instruments kesulitan untuk memenuhi kebutuhan chip untuk Apple. Sama seperti Sony, Apple tidak memberikan komentar mengenai kabar pengurangan produksi iPhone 13.

Semoga saja kabar ini tidak benar sehingga industri game dan smartphone kembali tumbuh di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0