Sony Ingin Keluar dari Pasar Smartphone Asia Tenggara?

Telset.id, Jakarta – Sebuah rumor tidak sedap muncul dari markas Sony. Setelah memutuskan untuk mengurangi fokus pasar smartphone di Amerika, China dan India pada 2016 lalu, Sony kini dikabarkan ingin keluar dari pasar Asia Tenggara.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Sabtu (19/01/2019), isu akan hengkangnya Sony dari pasar smartphone ASEAN tersebut diketahui pertama kali muncul dari laporan media asal Malaysia, Soya Cincau.

Laporan tersebut mengklaim bahwa pabrikan asal Jepang itu sebelumnya cukup cepat ketika meluncurkan ponsel baru di Pasar Malaysia, tetapi saat ini mereka belum meluncurkan satu pun produk baru di Negeri Jiran tersebut.

Menurut Standard and Industrial Research Institute of Malaysia (SIRIM) atau sejenis badan sertifikasi perangkat menyatakan bahwa belum ada smartphone Sony yang terdaftar sejak Juli 2018 lalu.

Adapun perangkat terakhir yang terdaftar adalah Xperia XZ2 Premium yang masih?”P dipromosikan di situs Sony Mobile Malaysia meskipun XZ3 telah diumumkan di IFA 2018 tahun lalu.

Ini tampaknya menjadi situasi yang sama untuk pasar lain di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia di mana Xperia Z5 adalah model terakhir yang ditawarkan di negara ini.

{Baca juga: Sony Sebar Undangan, Xperia Baru Siap Meluncur di MWC 2019?}

Sony belum mengumumkan secara resmi apa pun, tetapi untuk alasan yang kami sebutkan di atas, kami kira tidak mengejutkan jika itu benar.

Disisi lain, raksasa elekronik Jepang itu mulai menyebar undangan untuk acara konferensi pers yang akan digelar pada 25 Februari mendatang. Tepatnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019. Namun, undangan itu tidak menampilkan informasi detail terkait perangkat yang akan dipamerkan.

Menurut rumor yang beredar, perangkat utama yang akan diumumkan Sony pada ajang tahunan yang digelar di Barcelona, Spanyol itu adalah ponsel unggulan terbaru, yakni Xperia XZ4. Ponsel tersebut kabarnya akan hadir dengan layar berukuran 6,5 inci dan berasio aspek 21:9.

{Baca juga: Smartphone 5G Samsung Siap Melenggang di MWC 2019}

Bodi perangkat dilaporkan akan didominasi oleh bahan kaca serta akan berbekal kamera belakang berjumlah tiga buah. Untuk dapur pacu, Sony Xperia ZX4 disebut akan didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 855. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here