Facebook Uji Aplikasi Meme untuk Pengguna Remaja

Telset.id, Jakarta – Facebook sedang menguji aplikasi baru berisi meme yang disebut LOL. Aplikasi tersebut menawarkan umpan video dan GIF yang banyak digemari para pengguna Facebook, khususnya di kalangan remaja.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Sabtu (19/01/2019), saat ini LOL masih dalam pengujian internal. Untuk artinya pengujian belum masuk ke tahap beta untuk diuji pengguna terpilih.

Untuk menggunakan fitur meme ini, caranya Facebook menempatkan aplikasi tersebut kepada 100 siswa menengah untuk berkonsultasi tentang cara membuat LOL menarik bagi mereka.

LOL tampaknya akan mengatur konten dalam kumpulan yang disebut “Dailies” dengan antarmuka yang mirip dengan fitur Discover Snapchat.

Di atas itu ada kategori yang mengurutkan konten berdasarkan materi atau tema. Adapun kategori pada LOL mencakup hal-hal seperti “Animals”, “Fails”, dan “Pranks”, serta rekomendasi yang dipersonalisasi dibawah judul “For You”.

{Baca juga: Pengguna Facebook Bisa Berbagi Event di Stories}

Pengujian tersebut telah dikonfirmasi Facebook kepada TechCrunch. Sayangnya Facebook belum memutuskan apakah LOL akan menjadi fitur dengan aplikasi utama Facebook atau apakah itu akan dirilis sebagai aplikasi mandiri.

Selain itu, fitur ini dianggap kurang mendengar aspirasi para remaja. Orang yang akrab dengan LOL mengatakan aplikasi ini terasa “ngeri” dan sering meme-meme video yang berumur beberapa minggu dan telah dilupakan.

Tak hanya Facebook, banyak jejaring sosial lainnya yang juga mengalami masalah untuk menarik minat pengguna remaja dan anak-anak. Seperti kita tahu, bahwa fitur Snapchat Poke dan Slingshot telah ditutup atau dilupakan. Begitupun Tik Tok Lasso di Facebook kurang mendapatkan respon.

Baru-baru ini Facebook juga telah menambahkan fitur baru. Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi Event di Stories.

Berbagai laporan menyatakan, Facebook benar-benar telah kehilangan pengguna berusia muda. Kendati demikian, Facebook masih menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin menyelenggarakan kegiatan secara online.

{Baca juga: Kantongi 150 Juta Pengguna, Facebook Stories Beriklan}

Melihat fakta tersebut, Facebook mulai menguji cara pengguna berbagi kegiatan dan berkoordinasi untuk bertemu dengan teman-teman di IRL menggunakan fitur Stories. Uji coba akan berlangsung di Amerika Serikat, Brasil, dan Meksiko.

Pengguna ponsel iOS dan Android akan mendapatkan akses ke fungsi berbagi Event ke Stories di Facebook. Stories dan Event di Facebook akan memiliki stiker sentuh. [NM/HBS]

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here