Home Gizmo Soal Performa, Oppo Reno ‘Tenggelamkan’ Huawei P30 Pro

Soal Performa, Oppo Reno ‘Tenggelamkan’ Huawei P30 Pro

Telset.id, Jakarta – Oppo Reno resmi diluncurkan di China, pada Rabu (10/04) lalu. Sebagai pendatang baru, Reno rupanya langsung “tancap gas”. Tanpa perlu gembar-gembor publikasi, jagoan Oppo ini langsung melibas sejumlah smartphone flagship di AnTuTu Benchmark. Bahkan seri Reno 10x Zoom mengangkangi Huawei P30 Pro yang dibanderol dengan harga selangit.

Smartphone ini ditopang oleh dapur pacu prosesor Snapdragon 855, konfigurasi RAM dan ROM 6 GB/128 GB, 6 GB/256 GB, dan 8 GB/256 GB, serta baterai berkapasitas 4,065 mAh.

Meski memiliki spesifikasi tinggi, namun Reno 10x Zoom dibanderol dengan harga yang terbilang terjangkau. Melansir dari The Verge, Jumat (12/04/2019), smartphone ini dibanderol seharga mulai dari USD 600 atau Rp 8,4 jutaan hingga USD 710 atau Rp 10 jutaan untuk versi tertingginya.

{Baca juga: Usung Kamera 10X Zoom, Oppo Reno Resmi Meluncur}

Reno berhasil mencatatkan skor 369.254 poin dan mengisi posisi kedua di bawah Xiaomi Mi 9. Skor itu berhasil mengalahkan sejumlah smartphone flagship yang dibanderol dengan harga lebih mahal, seperti Huawei P30 Pro.

Sekadar informasi, P30 Pro dijual seharga Rp 12,9 jutaan di Indonesia untuk model 8GB dan 256GB. Meski dipatok dengan harga mahal, namun tidak menjamin smartphone ini memiliki performa lebih baik. Terbukti, P30 Pro hanya sanggup menempati posisi 7 saja dengan skor 290.189 poin.

Padahal jika melihat ke sisi spesifikasinya, keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor berbasis 7nm, yakni Snapdragon 855 untuk Reno dan Kirin 980 untuk P30 Pro. Keduanya juga sama-sama menerapkan sistem pendingin khusus untuk meningkatkan performa smartphone secara signifikan.

Tapi yang menarik sebenarnya, skor tinggi yang diperoleh Reno 10x Zoom bukanlah dari versi tertingginya, melainkan versi menengahnya yang “hanya” memiliki RAM 6GB dan ROM 256GB.

Jadi bisa Anda bayangkan, apabila benchmark menggunakan versi RAM 8GB dan ROM 256GB, hasil yang dicatat Reno akan lebih tinggi lagi dan jauh meninggalkan pesaingnya, termasuk P30 Pro.

{Baca juga: 10 Smartphone Android Terkencang, Huawei P30 Pro Masih “Kedodoran”}

Selain dapur pacu yang kencang, Reno juga merupakan seri dengan teknologi kamera yang mumpuni. Diklaim Vice President Oppo, Brian Shen, terdapat satu kamera depan berdesain pivot rising camera dan 3 kamera belakang.

Dengan hasil benchmark AnTuTu ini, kita dapat melihat bagaimana harga mahal sebuah smartphone belum tentu bisa jadi jaminan akan memiliki performa terbaik. Reno telah membuktikannya, dengan melibas P30 Pro yang memiliki harga jauh lebih mahal.

Oppo Reno 10x Zoom sendiri dipastikan akan hadir di Indonesia bersama dengan versi standarnya. Namun Oppo masih belum memberitahu kapan tanggal pasti keduanya akan hadir di Tanah Air. Kita tunggu saja. (FHP/HBS)

Sumber: The Verge

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version