Snapdragon 855 Kembali Membuat Penampakan di Ruang Uji

Telset.id, Jakarta – Sebuah versi terbaru (4.3.2 vs 4.0.4) dari prosesor yang diduga Snapdragon 855 muncul di ruang uji baru-baru ini. Skor yang dicetaknya adalah 3545 dan 11150 untuk masing-masing single-core dan multi-core. Sebelumnya, chipset ini juga telah membuat penampakan di Geekbench dengan menorehkan hasil tak jauh berbeda, yakni 3697 untuk single-core dan 10469 untuk multi-core.

Dilaporkan PhoneArena, Minggu (6/1/2019), tes ini digunakan sebagai cara untuk mengukur dan membandingkan kinerja CPU dengan yang lainnya. Kedua tes tersebut mungkin dijalankan pada perangkat yang sama, menggunakan sistem operasi open source Google terbaru (Android 9 Pie), dan membawa RAM 6GB. Pada kedua tes, CPU octa-core Snapdragon 855 diuji pada kecepatan clock 1,78GHz.

Chip ini dilengkapi dengan empat core hemat energi yang berjalan pada kecepatan 1.78GHz, tiga core yang menangani tugas yang lebih kompleks yang memiliki kecepatan clock 2.42GHz, dan core khusus yang berjalan pada kecepatan 2.84GHz untuk peningkatan kinerja ekstra. Snapdragon 855 juga membawa serta chip grafis Adreno 640, dan dibangun oleh TSMC dengan menggunakan proses 7nm.

{Baca juga: Snapdragon 855: Masuki Era Baru 5G, AI dan XR}

Snapdragon 855 akan menjadi chipset mobile komersial pertama di dunia yang secara kolektif mendukung 5G multi-gigabit, artificial intelligence (AI), dan extended reality (XR) imersif sehingga dapat memulai era baru dari revolusi perangkat seluler.

Dalam situs resminya, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 855 memungkinkan smartphone untuk memiliki kecepatan download sampai 5 gigabits per detik. Kemampuan ini tidak lepas dari adanya modem X50 yang dipasangkan dengan 4 modul antena QTM052 mmWave untuk meningkatkan jangkauan sinyalnya.

{Baca juga: Selain 5G, Ini 4 Kemampuan Baru Snapdragon 855}

Nantinya, ketika smartphone dengan Snapdragon 855 muncul, smartphone tersebut bakal mendukung kemampuan jaringan multi-mode yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konektivitas ganda antara 4G dan 5G.

Nah, smartphone apa yang kira-kira akan menjadi adopter pertama untuk chipset ini? Dilansir Telset.id dari Tech Radar, ada sejumlah merk smartphone yang diprediksi bakal jadi yang pertama menggunakannya. Salah satu di antaranya adalah duo Samsung Galaxy S10 dan S10+. Sebab, sesuai tradisi sebelumnya, seri Samsung Galaxy terbaru biasanya kerap menjadi smartphone pertama dengan SoC Snapdragon terbaru, seperti duo Galaxy S9 yang menggunakan Snapdragon 845 saat itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0