Snapdragon 8 Gen 3, Chipset 3nm yang Menjanjikan untuk 2024

Telset.id, Jakarta  – Snapdragon 8 Gen 3 besutan Qualcomm diproduksi oleh TSMC menggunakan teknologi 3 nanometer baru. Snapdragon 8 Gen 3 digadang-gadang sebagai chipset 3nm paling menjanjikan untuk tahun 2024.

Snapdragon 8 Gen 3 akan menghadirkan peningkatan signifikan dibanding chipsete generasi sebelumnya Snapdragon 8 Gen 2 yang diperuntukkan smartphone keluaran 2023.

Bahkan, di Eropa, chipset kelas atas yang diperkenalkan pada Desember 2022 itu akan menemukan tempat yang menonjol di antara HP flagship Samsung.

BACA JUGA:

Tim Qualcomm sudah bekerja keras untuk menindaklanjutinya. Mereka menyiapkan chipset baru 8 Gen 3 dan akan mulai masuk produksi pada akhir 2023.

Sebagian besar pembuatan chipset masa depan Qualcomm telah diberikan kepada TSMC. Metode produksi 3 nm akan berhasil 80 persen dari sisi waktu.

Chip iPhone 15 akan menggunakan metode pembuatan serupa. Hal tersebut memungkinkan TSMC untuk membuat dua chip tanpa harus membatasi stok.

Chipset dengan ke 3 nm menyediakan kinerja lebih baik dan menggunakan energi 35 persen lebih sedikit. HP dengan 8 Gen 3 akan punya kinerja terbaik.

Samsung adalah yang pertama mengumumkan kedatangan teknologi manufaktur 3 nm pada Juli 2022 lalu. Produksi Samsung 3nm hanya 10-20 persen.

Akibatnya, Qualcomm bisa memilih untuk mengabaikan Samsung atau hanya menggunakan metode produksi tersebut sebagai pelengkap persediaan chip.

Tanpa persaingan signifikan dari Samsung atau perusahaan lain, TSMC secara efektif adalah satu-satunya pabrikan yang mampu menyediakan chip.

BACA JUGA:

Qualcomm memproduksi 8 Gen 3 di TSMC dan akan mulai proses pada akhit tahun ini. Harapannya, 8 Gen 3 sudah siap pakai pada awal 2024 mendatang.

Namun, Snapdragon 8 Gen 3 dengan peralihan ke 3 nm memicu kenaikan biaya komponen bagi pembuat HP atau PC meskipun kinerjanya luar biasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0