telset

TCL Fold n Roll, Smartphone Canggih dengan Layar Lipat dan Gulung

Telset.id, Jakarta – TCL menghadirkan smartphone unik nan canggih bernama Fold n Roll. Sesuai dengan namanya, smartphone TCL ini memiliki teknologi layar canggih yang bisa dilipat dan juga digulung sekaligus.

Sebagaimana dilansir dari GSMArena, Kamis (15/4/2021), perusahaan menggabungkan engsel dan mekanik teknologi terbaru yang memungkinkan layar bisa dilipat dan digulung.

Layar dari TCL Fold n Roll berukuran 6,87 inci saat terlipat. Kemudian ketika layarnya dibuka menjadi berukuran 8,85 inci. Mekanisme rollable atau layar gulung membuatnya memiliki ukuran lebih luas, yakni hingga 10 inci.

{Baca Juga: Tampil Beda, TCL Bikin Smartphone Lipat ZigZag}

Mekanisme baru ini mengubah aspek rasio layar. Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran layar dengan kebutuhannya ketika menggunakan smartphone.

Tapi jangan terlalu senang dulu, pasalnya  TCL Fold n Roll masih berstatus sebagai prototipe. Sehingga belum diketahui apakah akan diproduksi secara massal atau tidak.

Untuk menghadirkan layar canggih ini, TCL bekerjasama dengan perusahaan CSOT, yang telah dikenal sebagai produsen layar, mulai dari layar ponsel yang kecil hingga layar TV berukuran besar.

Kabarnya TCL juga telah menghubungi mitra terkait untuk mencari cara menerapkan teknologi kaca yang membuat layar memiliki durabilitas lebih baik.

{Baca Juga: Menyerah! TCL Stop Jual BlackBerry}

TCL juga memperingatkan bahwa mereka masih membutuhkan waktu yang lama, sampai smartphone ini bisa dijual ke publik. Proses pengembangannya pun masih akan menghabiskan banyak waktu.

Selain memamerkan teknologi dan mekanisme layar lipat dan gulung, TCL belum memberikan spesifikasi dan fitur yang mendetail mengenai smartphone futuristiknya tersebut.

TCL Sempat Pamerkan Smartphone Layar Gulung

TCL Fold n Roll

TCL memang dikenal kerap menghadirkan perangkat yang terlihat inovatif dan futuristik. Sebelumnya perusahaan asal China tersebut memamerkan sebuah smartphone dengan layar gulung pada akhir tahun 2020 lalu.

Lewat sebuah video singkat memperlihatkan bagaimana layar berukuran 4,5 inci dapat meregang menjadi 6,7 inci, tanpa sama sekali menambah ketebalan perangkat secara signifikan.

{Baca Juga: Wow! Seperti Ini Wujud Smartphone Layar Gulung TCL}

TCL mengembangkan teknologi ini dengan memanfaatkan layar OLED fleksibel. Pabrikan mengatakan bahwa saat ini layar jenis tersebut dapat digulung dan dibuka hingga 200 ribu kali.

Upaya TCL membuat smartphone yang dapat dilipat merupakan pertanda baik. Para pengguna jadi lebih punya banyak opsi dalam membeli perangkat layar lipat. Apalagi, ketika pilihan semakin banyak, harga smartphone layar lipat bakal menjadi lebih murah. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0