Samsung Mulai Produksi Prosesor 6nm dan 7nm EUV Tahun Ini

Prosesor Samsung 7nm

Telset.id, Jakarta – Samsung dilaporkan tengah membuat dua prosesor mobile terbaru yang akan meluncur di tahun ini. Prosesor Samsung tersebut kabarnya dirancang menggunakan proses fabrikasi 6nm dan 7nm EUV (Extreme Ultraviolet).

Dua prosesor Samsung 6nm dan 7nm EUV tersebut sudah diproduksi di pabrik V1 yang berada di kawasan Hwaseong, Korea Selatan.

Dikutip dari GSMArena, Jumat (21/02/2020), perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka akan memproduksi prosesor mobile sebanyak tiga kali lipat di tahun 2020. Nantinya, kedua prosesor tersebut akan dikirimkan secara massal pada kuarta pertama tahun ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Samsung sendiri sudah mulai memproduki perusahaan dengan fabrikasi 7nm sejak 2018 silam, yakni Exynos 9825 yang menopang Samsung Galaxy Note 10 Series. Phablet itu meluncur pada Agustus tahun lalu.

Selain memproduksi prosesor 6nm dan 7nm EUV, Samsung juga sedang fokus untuk mengembangkan prosesor dengan proses fabrikasi lebih kecil, yakni 5nm dan 4nm.

{Baca Juga: Modem Snapdragon X60 Meluncur, Pertama dengan Fabrikasi 5nm}

Sekadar informasi, makin kecil litografi fabrikasi sebuah prosesor, maka akan meningkatkan efisiensi baterai dan meningkatkan performa dari prosesor tersebut. Secara form factor, ukuran prosesor yang makin kecil memudahkan bagi vendor untuk mendesain smartphone dengan ukuran yang lebih ramping.

Samsung tak hanya memproduksi prosesor di Korea Selatan saja. Mereka juga memiliki jalur produksi lain di Austin, Amerika Serikat. Di sana, Samsung menangani klien produsen chipset ternama seperti Nvidia, Intel dan Qualcomm. (IR/MF)

SOURCEGSMArena
Previous articleInfluencer Instagram Ini Ngaku Liburan Mewah ke Bali, Padahal….
Next articleSDM Jadi Kendala Penerapan Teknologi di Dunia Pendidikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here