Samsung Ikutan “Buang” Charger dari Paket Penjualan?

Telset.id, Jakarta – Langkah Apple menghilangkan charger dari paket penjualan menuai pro dan kontra. Meski begitu, sebuah laporan menyebutkan bahwa sang pesaing, Samsung, sepertinya bakal mengikuti langkah serupa, yang dianggap kurang populer itu.

Sebuah laporan dari Korea Selatan, sebagaimana dilansir dari Phonearena, Minggu (17/10/2020), menyebutkan bahwa Samsung juga akan berhenti menyertakan adaptor charger dalam paket penjualan smartphone besutannya.

Salah satu alasan menerapkan kebijakan tersebut adalah untuk memangkas biaya produksi yang kian membengkak dari waktu ke waktu.

Namun laporan ini belum pasti, karena produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut dikabarkan akan terlebih dahulu menunggu feedback dari konsumen.

{Baca Juga: Samsung Ejek Apple Soal Power Adapter iPhone}

Meski biaya penyediaan charger sangat kecil bila dibandingkan dengan komponen lain, kehadiran teknologi 5G membuat biaya produksi smartphone juga ikut meningkat. Untuk menyeimbangkannya, Samsung berupaya untuk memangkas dari berbagai bagian yang memungkinkan, salah satunya menghilangkan charger dari paket penjualan.

Alasan lain Samsung menerapkan kebijakan itu karena banyak pelanggan sudah memiliki adaptor daya. Karenanya, kesempatan tersebut dimanfaatkan Samsung untuk mengurangi beban biaya.

Laporan tersebut tidak menyebutkan pengurangan limbah elektronik sebagai alasan utama keputusan Samsung untuk menghapus pengisi daya dari beberapa smartphone-nya. Menghapus komponen utama dari paket penjuaan seharusnya didukung oleh alasan yang kuat.

Sebelumnya Samsung mengejek Apple yang tidak menyertakan adaptor daya atau power adapter untuk semua lini iPhone 12. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengolok-olok kebijakan raksasa Cupertino melalui postingan di Facebook.

Ketika mengumumkan jajaran iPhone 12, Apple mengonfirmasi tidak akan meyertakan adaptor daya. Tidak butuh waktu lama bagi saingan lama Apple, Samsung, untuk mengambil momentum tersebut.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

“Samsung Galaxy benar-benar memberikan apa yang Anda cari. Dari yang paling dasar sebagai pengisi daya, kamera terbaik, baterai, kinerja, memori, hingga layar 120Hz,” tulis Samsung di postingan.

Jadi kita lihat saja, apakah Samsung bakal mengekor kebijakan yang diambil Apple dengan menghilangkan adaptor charger dari paket penjualan smartphone. Kita nantikan bersama. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here