Saham Apple Anjlok, Analis Ini Biang Keladinya

Situs Apple Covid-19

Telset.id, Jakarta  – Menurut para analis Goldman Sachs, virus corona mengancam penjualan iPhone pada tahun ini. Mereka memperkirakan, pengiriman iPhone bakal turun 36 persen selama kuartal III-2020. Gara-gara analisis itu, saham Apple anjlok.

Berdasarkan analisa Goldman Sachs, seperti dilansir New York Post, pelanggan di seluruh dunia mengisolasi diri karena wabah virus corona. Akibatnya, penjualan iPhone secara global mengalami drop.

{Baca juga: Pemasok Khawatir Penjualan iPhone di AS dan Eropa Jeblok}

Goldman Sachs, dikutip Telset.id, Minggu (19/4/2020), berharap Apple membatalkan peluncuran iPhone generasi terbaru, setidaknya hingga November 2020 atau tertunda dua bulan dari jadwal awal.

Goldman Sachs mencatat, harga jual rata-rata untuk perangkat yang biasanya tinggi tidak akan terjadi, bahkan cenderung menurun selama resesi. Kondisi tersebut tidak akan pulih dalam waktu singkat.

“Kami tidak berasumsi bahwa penurunan itu mengakibatkan Apple kehilangan pengguna. Kami hanya berasumsi bahwa pengguna lama tidak bakal berganti iPhone baru di tengah krisis,” kata analis.

Mereka melanjutkan, pun harus berganti perangkat, pengguna kecil kemungkinan memilih iPhone keluaran terbaru berharga mahal. “Opsi paling mungkin, pengguna berganti ke iPhone lebih murah,’ ujarnya.

Gara-gara ada prediksi penurunan pengiriman iPhone pada kuartal III-2020, saham Apple langsung anjlok 1,4 persen pada penutupan Jumat (17/4/2020). Saham Apple menjadi USD 282,80 atau Rp 4,3 jutaan.

{Baca juga: iPhone SE 2020 Resmi Melenggang, Harga Cuma Rp 6 Jutaan}

Apple awal pekan ini meluncurkan smartphone murah terbaru, yakni iPhone SE. Perangkat yang mengemas isi iPhone 11 ke tubuh iPhone 8 tersebut dilego mulai harga USD 399 atau sekitar Rp 6 jutaan.

Apple menghadirkan smartphone ini tanpa mengadakan acara besar-besaran secara live streaming, hanya menyebarkan informasinya di situs resmi.

Dengan tampang ala iPhone 8, smartphone ini disematkan teknologi baru oleh Apple, seperti prosesor Apple A13 Bionic, layar berteknologi Retina HD dan HDR10, bahkan sampai pewarnaan baru.

Membahas spesifikasi, iPhone SE 2020 mengusung layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi “Retina HD”. Layar ini mendukung teknologi True Tone, Dolby Vision, dan juga HDR10.

Soal performanya, iPhone SE 2020 punya kemampuan yang mirip-mirip iPhone 11 Series. Bagaimana tidak, spesifikasi iPhone SE 2020 berupa prosesor A13 Bionic (7nm+), storage 64GB/128GB/256GB, serta baterai dengan dukungan fast charging 18W. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here