Qualcomm Rilis ‘Smartphone for Snapdragon Insiders’, Harga Rp 21,8 Juta

Telset.id, Jakarta – Qualcomm biasanya menyuplai pasokan chipset untuk pabrikan smartphone. Tapi apa jadinya, kalau perusahaan asal San Diego ini merilis smartphone sendiri? Ya, baru-baru ini Qualcomm menghadirkan ponsel terbaru bernama Smartphone for Snapdragon Insiders.

HP besutan Qualcomm ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan pada “Snapdragon Insiders” yang berjumlah lebih dari 1,6 juta di seluruh dunia. Snapdragon Insiders merupakan komunitas penggemar yang berpartisipasi dalam forum online, termasuk menjadi pihak pertama yang mendapatkan informasi terbaru dari Qualcomm.

Untuk merancang ponsel terbaru ini, Qualcomm bekerja sama dengan Asus. Para penggemar Qualcomm pun bisa membeli ponsel terbaru ini dengan harga USD 1.500 atau setara Rp 21,8 jutaan.

Spesifikasi Smartphone for Snapdragon Insiders

Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders

Qualcomm dan Asus menyematkan spesifikasi kelas atas untuk ponsel untuk para komunitas Snapdragon ini. Dilihat dari depan, desainnya mirip-mirip dengan ROG Phone Series.

Layarnya berukuran besar dengan bezel atas dan bawah yang cukup tebal. Ya, tidak ada notch ataupun lubang kamera pada smartphone ini.

Smartphone tersebut mengusung layar AMOLED buatan Samsung berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya mendukung refresh rate 144Hz dan dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

{Baca juga: Qualcomm Siapkan Snapdragon 895 dan 895+ dengan Arsitektur 4nm}

Tepat di bezel atasnya, terdapat kamera selfie 24MP yang mengingatkan kita dengan Asus ROG Phone 3 ataupun ROG Phone 5.

Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders

Di bagian belakang, desainnya pun cenderung “jadul”. Terdapat tiga kamera yang ditempatkan pada modul persegi panjang secara horizontal.

Ketiga kamera ini mencakup, kamera utama dengan sensor 64MP f/1.8, kamera ultra wide 12MP f/2.2, dan kamera telephoto 8MP dengan kemampuan optical-zoom 3x.

Kamera ini didukung oleh teknologi Qualcomm AI yang memungkinkan kamera untuk melakukan auto zoom maupun object tracking. Kameranya sendiri diracik oleh Asus.

Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders

Walau layarnya AMOLED, Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders justru menggunakan sensor sidik jari konvensional di bodi belakang. Hanya saja, sensor ini lebih canggih dari biasanya karena menggunakan 3D Sonic Sensor generasi kedua dari Qualcomm.

Membahas spesifikasi utamanya, smartphone untuk para insiders Qualcomm ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 versi standar. Dipadukan dengan RAM LPDDR5 sebesar 16 GB dan memori internal UFS 3.1 berkapasitas 512 GB.

{Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 888+ dengan Clock Speed 3 GHz}

Smartphone ini berjalan di Android 11 murni, tanpa UI buatan Qualcomm. Sementara untuk baterainya, berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 5.0.

Harga dan Ketersediaan

Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders

Qualcomm Smartphone for Snapdragon Insiders dijual dengan harga Rp 21,8 jutaan. Para pengguna pun akan mendapatkan paket pembelian lengkap, seperti earphone TWS dari Master & Dynamic dengan dukungan Snapdragon Sound, casing tambahan, adaptor Quick Charge 5.0, dan dua kabel charging.

Smartphone ini memadukan kecanggihan software dan hardware dari Qualcomm, dan bakal dijual eksklusif oleh Asus pada Agustus mendatang di China, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan India. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0