telset

Qualcomm Pamerkan Teknologi Terbaru Bernama iSIM, Apa Itu?

Telset.id, Jakarta – Sebuah teknologi terbaru diperkenalkan Qualcomm bersama Vodafone, dan Thales. Ketiganya mendemonstrasikan smartphone pertama di dunia dengan teknologi iSIM. Teknologi apa itu?

Dilansir dari GizChina, Kamis (20/1/2021), teknologi iSIM atau SIM yang terintegrasi memungkinkan kartu SIM untuk disematkan ke dalam prosesor yang ada di smartphone. Dengan begitu, kebutuhan akan slot khusus pun bisa dihilangkan.

Terobosan ini tidak hanya akan menghilangkan kebutuhan akan slot kartu SIM khusus, tetapi juga eSIM yang adopsinya terlihat agak lambat oleh operator dan vendor smartphone.

Baca Juga: Bos Qualcomm Blak-blakan Soal Kelangkaan Chip

“Solusi iSIM menawarkan peluang besar bagi MNO, mengosongkan ruang berharga di perangkat untuk OEM, dan memberikan fleksibilitas bagi pengguna perangkat untuk memanfaatkan potensi penuh jaringan dan pengalaman 5G di berbagai kategori perangkat,” ujar Enrico Salvatori, wakil presiden senior dan presiden Qualcomm Eropa.

Keunggulan Teknologi iSIM

isim

Keuntungan terbesar dari integrasi SIM dan prosesor termasuk integrasi sistem yang lebih baik, kinerja yang lebih tinggi, dan peningkatan kapasitas memori. Ini juga menghilangkan kebutuhan akan chip terpisah yang diperlukan oleh eSIM atau slot SIM konvensional.

iSIM sesuai dengan spesifikasi GSMA dan memberikan manfaat bagi konsumen dan operator telekomunikasi, yang selanjutnya membuka jalan bagi layanan seluler untuk diintegrasikan ke dalam perangkat selain ponsel.

Ini berarti akan jauh lebih mudah bagi laptop, tablet, platform VR, perangkat IoT, perangkat yang dapat dikenakan, dan lainnya untuk menggunakan layanan LTE atau 5G.

Baca Juga: Qualcomm dan Razer Bikin Konsol Gaming

Demonstrasi teknologi iSIM telah berlangsung di Eropa, tepatnya di laboratorium R&D Samsung. Di mana mereka memanfaatkan jaringan Vodafone, yang menggambarkan kesiapan dan efisiensinya dalam bekerja dengan infrastruktur yang ada.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G yang ditenagai oleh Snapdragon 888 5G digunakan dalam demonstrasi tersebut, serta menjalankan sistem operasi Thales iSIM.

“Beberapa area yang paling diuntungkan dari teknologi iSIM termasuk smartphone, PC seluler, headset VR/XR, dan IoT industri. Dengan merekayasa teknologi iSIM ke dalam SoC, kami dapat menciptakan dukungan tambahan untuk OEM di platform Snapdragon kami,” jelas Salvatori. (HR/IF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0