Produksi iPhone SE 5G 2022 Dikurangi 20%, Kok Bisa?

Telset.id, Jakarta – Apple berencana untuk mengurangi produksi iPhone SE 5G 2022 hingga 20% atau sekitar 2 juta sampai 3 juta unit untuk pasar global. Tak cuma iPhone harga murah tersebut saja, Apple pun akan memangkas produksi AirPods hingga puluhan juta unit.

Dilaporkan Nikkei, pengurangan produksi iPhone SE 5G 2022 akan dilakukan pada kuartal berikutnya. Informasi yang berasal dari sumber anonim ini juga menjelaskan kalau Apple juga akan memangkas produksi AirPods lebih dari 10 juta unit.

Analis memprediksi ada beberapa penyebab mengapa produksi kedua produk Apple terbaru itu dikurangi. Pertama, lockdown yang masih terjadi di China.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap iPhone SE 5G 2022

Kedua, inflasi yang terjadi akibat perang antara Rusia dan Ukraina sejak Februari 2022 lalu. Ketiga, khusus iPhone SE 5G 2022 adalah tidak adanya peningkatan desain dan harga iPhone seri ini lebih mahal USD 30 atau Rp 430 ribu dibanding iPhone SE 2020.

“Apple, khususnya, menghadapi tantangan dari kurangnya peningkatan desain untuk SE terbaru dan kenaikan harga USD 30 dari model 2020,” kata para analis seperti tim Telset kutip dari Reuters pada Selasa (29/3/2022).

Selain sumber anonim tersebut, Ming-Chi Kuo dari TF International Securities juga memprediksi kalau produksinya akan dipotong 10 juta unit menjadi 15 sampai 20 juta unit dari target sebelumnya yakni 25 sampai 30 juta unit.

Baca juga: Hasil Benchmark iPhone SE 5G 2022

Sedangkan analis Isaiah Research yang berbasis di Taiwan Eddie Han, memprediksi kalau produksi dipangkas sebanyak 5 juta unit. Apple hingga kini belum memberikan tanggapan atas isu ini.

Spesifikasi iPhone SE 5G 2022

iPhone SE 5G

HP 5G murah ini adalah produk yang baru dirilis Apple di bulan ini melalui acara Peek Performance 2022. HP 5G terbaru ini hadir untuk menjangkau konsumen kelas menengah karena harganya cukup terjangkau.

Meskipun begitu iPhone SE 5G memiliki spesifikasi yang mumpuni. Sebab iPhone SE generasi ke-3 ini diotaki dengan chipset Apple A15 Bionic. Chip yang juga disematkan di iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max.

Layarnya berjenis Retina HD 4,7 inci dan sudah dilindungi oleh lapisan yang sama seperti iPhone 13 di bagian depan dan belakang.

Dari segi kamera HP terbaru Apple ini juga memiliki kamera belakang dengan resolusi 12 MP. Sensor tunggal ini mampu merekam dalam resolusi 4K/30 fps. Adapun pada bagian depan disematkan kamera selfie dengan resolusi 7 MP.

Baca juga: Daftar iPhone Termurah, Harga di Bawah Rp 1 Jutaan

Smartphone ini juga memiliki daya tahan yang bagus karena mengantongi sertifikasi IP57 dan menggunakan sistem operasi iOS 15. Kapasitas RAM sebesar 4 GB dengan pilihan penyimpanan internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB.

Harga iPhone SE 5G dibanderol mulai dari Rp 6 jutaan dengan varian warna Black, White, Red. Dengan spek bagus dan harga yang murah, sangat disayangkan apabila produksi HP tersebut dikurangi. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0