Membandingkan iPad Air 2020 dan iPad Pro 2020, Pilih Mana?

ipad air pro

Telset.id, Jakarta – Setelah Apple resmi memperkenalkan iPad Air 2020, banyak orang yang langsung membandingkannya dengan iPad Pro. Alasannya, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi dan fitur yang nyaris serupa.

Tapi kehadiran iPad Air 2020 ini mungkin akan membuat beberapa pengguna iPad Pro kecewa. Pasalnya, iPad Air 2020 datang dengan prosesor baru dan desain yang lebih segar.

Terang saja, banyak yang membandingkan kedua perangkat ini. Baik dari segi desain, spesifikasi, fitur dan juga banderol harganya.

Untuk membuat Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kedua perangkat tersebut, tim Telset.id akan menyajikan komparasi antara iPad Air 2020 dan iPad Pro. Yuk simak komparasinya berikut ini.

Desain

iPad Air 2020

Seiring dengan kehadiran iPad Air 2020, Apple sepertinya telah mengucapkan selamat tinggal pada desain melengkung yang menjadi ciri khas iPad dalam beberapa tahun terakhir.

Kali ini iPad Air mengadopsi desain yang sama dengan iPad Pro, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018. Perangkatnya memiliki tepian logam dengan lekukan yang lebih sedikit daripada iPad lama.

{Baca Juga: 5 Fitur iPad Air 2020 yang Jadi Andalan, Selain A14 Bionic!}

iPad Air 2020

Alhasil, iPad Air 2020 benar-benar terlihat begitu mirip dengan iPad Pro. Desainnya sama-sama tipis dan ramping.iPad Air juga memiliki bezel yang lebih tipis.

iPad Air 2020 memiliki layar IPS dengan bentang 10,9 inci dan beresolusi 2360 x 1640. Apple memperbesar tampilan layarnya hingga 0,4 inci namun tetap mempertahankan dimensi yang sama dengan sebelumnya.

Model baru ini menjadi sedikit lebih ringan dan kompak. Tombol home juga hilang di depan. Sebagai gantinya, sensor Touch ID dipindahkan ke bagian atas, digabungkan dengan tombol power. iPad Air 2020 mendukung Apple Pencil Generasi ke-2,

Hardware dan Performa

iPad Air 2020

Dilihat dari hardware-nya, iPad Air 2020 mungkin sedikit lebih unggul di bagian ini. Pasalnya tablet anyar tersebut telah menggunakan chipset A14 Bionic dengan pemrosesan 5nm yang lebih modern. Chipset baru ini juga memastikan kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang rendah.

Apple mengatakan bahwa chipset A14 Bionic ini menawarkan peningkatan kinerja sebesar 40 persen pada CPU dan 30 persen pada kinerja GPU jika dibandingkand dengan iPad Air generasi ketiga.

Sedangkan iPad Pro memiliki chipset yang sebenarnya juga tidak kalah powerful, yakni prosesor A12Z. Jika dibandingkan dengan iPad Air generasi sebelumnya, iPad Pro terbukti jauh lebih unggul.

iPad Air 2020

{Baca Juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik}

Namun perbandingan jelasnya belum bisa dipastikan, karena sampai saat ini performa dari iPad Air 2020 belum dicoba melalui aplikasi benchmark. Tetapi di atas kertas, performa chipset baru harusnya lebih baik dari chipset yang lama.

iPad Air tersedia dalam versi WiFi dengan memori 64 GB. Sementara untuk versi LTE memiliki kapasitas 256 GB.

Sedangkan di sisi lain, iPad Pro  tersedia dalam kapasitas mulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB dan 1 TB. Di sini jelas, iPad Pro menawarkan varian penyimpanan yang lebih beragam dan juga lebih besar.

Kamera

Kamera utama dari kedua iPad ini nyaris identik, yakni kamera 12 MP dengan aperture f/1.8. Disertai juga dengan fitur HDR dan panorama. Namun hanya versi iPad Pro yang dibekali flash true tone.

iPad Pro unggul karena memiliki kamera ultra wide 10MP. Didukung juga dengan sensor LiDar untuk mengunci fokus lebih cepat.

Sedikit kekurangan lain dari iPad Air adalah, kamera belakangnya agak menjorok keluar. Sehingga pengguna tidak bisa meletakkan iPad secara mendatar di bagian belakangnya.

Harga

Faktor harga mungkin menjadi daya tarik utama. Alasannya, iPad Air 2020 dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sang kakak, iPad Pro 2020. Mungkin ada yang bilang, “kan kelas keduanya juga berbeda”.

Anda benar jika beragumen seperti itu, karena memang secara segmentasi, kedua produk ini disiapkan “beda kelas”. Tapi jangan salah, jika melihat spesifikasi hardware dan fitur-fitur yang dibawa iPad Air 2020, justru bisa dibilang banyak membawa teknologi yang lebih baru, salah satunya chipset A14 Bionic.

Lantas, berapa sih perbedaan harganya? Seperti kita sudah tahu, iPad Pro 2020 dijual dengan harga mulai dari Rp 12 jutaan hingga Rp 18,5 juta. Tersedia varian WiFi maupun LTE.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Sementara iPad Air 2020 resmi dijual dengan banderol harga USD 599 atau setara dengan Rp 8 jutaan. Tablet premium ini rencananya baru akan tersedia pada bulan Oktober mendatang. Lumayan kan perbedaan harganya.

Kesimpulan

Baik iPad Air atau iPad Air sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Baik dari segi spesifikasi, performa, kamera dan juga harga.

Jika Anda ingin varian penyimpanan yang lebih beragam, Anda bisa memilih iPad Pro 2020. Namun jika Anda ingin memilih seri iPad yang lebih modern, pilihan bisa Anda jatuhkan pada iPad Air 2020.

Ditambah lagi, iPad Air menawarkan kelebihan dari segi harganya yang lebih terjangkau. So, kami hanya memberikan gambaran keduanya. Pilihan tetap berada di tangan Anda. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here