Tahun Ini Pengiriman Smartphone Diprediksi “Terjun Bebas”

Pengiriman Smartphone IDC 2020

Telset.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 diprediksi akan berdampak pada pengiriman smartphone secara global tahun 2020. Tahun ini International Data Corporation (IDC) memprediksi jika pengiriman smartphone “terjun bebas” atau turun sekitar 11,9%.

Dilansir Telset.id dari GSM Arena pada Jumat (05/06/2020) total pengiriman untuk tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 1,2 miliar unit atau turun 11,9% dibandingkan dengan tahun 2019.

Prediksi tersebut berdasarkan data pengiriman smartphone kuartal pertama 2020 (Q1) dimana terjadi penurunan terparah yakni 14,5%. Prediksi penurunan bisa lebih buruk dan menyentuh angka 18,2%.

Peneliti IDC, Sangeetika Srivastava menilai jika penurunan terjadi karena penurunan minat belanja dari masyarakat karena ketidakpastian ekonomi dan pandemi Covid-19.

{Baca juga: Ada Covid-19, Penjualan Samsung Merosot, Xiaomi Naik}

Walaupun begitu bukan berarti tidak ada harapan. IDC mengharapkan pasar smartphone akan kembali pulih pada 2021 karena permintaan smartphone 5G mulai tinggi. Diperkirakan jika pengiriman smartphone akan meningkat di kisaran angka 5% hingga 10% di tahun-tahun berikutnya.

Pengiriman Smartphone IDC 2020

Sebelumnya, laporan terbaru lembaga survey Counterpoint menyebutkan bahwa wabah Covid-19 membuat penjualan smartphone di Eropa anjlok.

Dalam laporan Counterpoint pada Q1-2020 penjualan smartphone di Eropa turun drastis sampai 21%. Di beberapa negara Eropa, secara umum penjualan smartphone di Eropa anjlok hingga 7% dibandingkan Q1-2019.

Prancis dan Rusia mengalami penurunan masing-masing 1% dan 9%. Sementara Britania Raya dan Jerman mengalami penurunan penjualan smartphone sampai 8& dan 11% dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu.

{Baca juga: Penjualan Smartphone di Eropa Anjlok Gara-gara Covid-19}

Bisnis smartphone di Italia paling terkena dampaknya. Di sana, penjualan smartphone anjlok hingga 21% dibandingkan Q1 tahun lalu. Counterpoint menduga, turunnya penjualan smartphone di negara-negara Eropa merupakan imbas dari pandemi Covid-19 yang saat ini masih menyebar.

Pangsa pasar merek-merek smartphone di Eropa juga mengalami penurunan. Berbeda dari data penjualan di mana semua negara mengalami penurunan, terdapat beberapa merek yang mengalami peningkatan walaupun tidak besar. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here