Paket Komputer Kuno Apple-1 Dilelang Rp 8,6 Miliar

Telset.id, Jakarta – Komputer kuno Apple-1 bakal dilelang selama delapan hari, mulai 16 Mei sampai 23 Mei 2019 mendatang. Balai lelang Christie’s membuka harga mulai USD 600 ribu atau lebih kurang Rp 8,6 miliar.

Menurut laporan Geek, seperti dikutip Telset.id, Minggu (12/5/2019), komputer kuno Apple-1 tersebut masih berfungsi normal. Bahkan, sebagai paket penjualannya, terdapat beberapa memorabilia bersejarah.

Beberapa barang memorabilia itu meliputi salinan perjanjian personal antara Ronald G Wayne dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak, salinan perjanjian pendanaan ketiganya, dan salinan kesepakatan penarikan.

Salinan kesepakatan penarikan tersebut ditandatangani langsung oleh Ronald G Wayne di Santa Clara County pada 12 April 1976. Menariknya lagi, paket juga memuat kartu nama alias business card pada penemu Apple.

{Baca juga: Komputer Bersejarah Apple-1 Terjual Rp 5,5 Miliar}

Tak cukup, paket menyertakan pula cetakan asli pernjajian kerja sama antara Ronald G Wayne, Steve Jobs, dan Steve Wozniak dengan tanda tangan lengkap. Tentu saja, banyak kolektor yang sangat meminati koleksi kuno itu.

Melihat keaslian serta nilai sejarah barang-barang tersebut, balai lelang Christie’s pun mengestimasikan komputer kuno Apple-1 akan laku terjual minimal seharga USD 630 ribu atau lebih kurang Rp 9 miliar.

Balai lelang Christie’s menjelaskan bahwa komputer kuno Apple-1 hanya diproduksi sebanyak 200 unit. Sekarang, komputer tersebut tinggal 80 unit di seluruh dunia. Bahkan, 15 di antaranya sudah masuk koleksi museum.

{Baca juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Dilelang Rp 2,4 Miliar}

Seri komputer yang akan dilelang sebelumnya dimenangkan oleh kolektor bernama Rick Conte pada 1977. Ia lantas menyerahkannya ke sebuah organisasi non-profit pada 2009 dan sempat kembali ke pemilik aslinya pada 2014. [SN/HBS]

Sumber: Geek

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here