Oppo Patenkan Smartphone Lipat dengan Gaya Baru

paten smartphone lipat oppo
Foto: Lets Go Digital

Telset.id, JakartaSmartphone lipat menjadi salah satu inovasi yang cukup menarik. Banyak vendor yang sudah mengembangkan ponsel lipat, salah satunya adalah Oppo yang telah membuat paten desain smartphone lipat dengan desain baru nan unik.

Seperti dilansir Telset.id dari GSMArena, Selasa (1/9/2020), Oppo tengah mengembangkan smartphone lipat dengan banyak konsep desain. Salah satunya, ponsel yang memiliki desain layar lipat ke luar.

{Baca Juga: Oppo Reno4 Pro Segera Meluncur di Indonesia, Catat Tanggalnya!}

Jika smartphone lipat yang ada saat ini seperti Galaxy Z Flip dan Motorola Razr memiliki layar yang dilipat ke dalam, paten smartphone lipat besutan Oppo justru memiliki bentuk layar yang dilipat ke arah luar, mirip Huawei Mate X.

Tim dari LetsGoDigital membuat beberapa gambar render 3D berdasarkan paten smartphone lipat Oppo tersebut. Layarnya memang terlihat lebih lebar saat dibuka, namun saat posisi terlipat ponsel ini justru terlihat sangat kompak.

Foto: LetsGo Digital

Sensor kamera terletak di ujung ponsel, sehingga kamera ini dapat berubah fungsi menjadi kamera belakang saat ponsel dibuka dan jadi kamera untuk selfie saat dalam posisi terlipat.

{Baca Juga: Bikin Video Makin Seru Berkat Fitur Kamera Oppo Reno4}

Oppo merancang ponsel ini agar bisa digunakan dalam dua mode, terlipat dan tidak dilipat. Sensor di bagian sudut dapat mendeteksi sudut lipatan dan menyesuaikan UI dengan mode ponsel yang tengah digunakan.

Paten tersebut juga menyebutkan bahwa sensor sidik jari kemungkinan dipasangkan di bagian paling tebal dari perangkat. Lengkap juga dengan pemindai iris untuk membuka kunci layar.

Desain ponsel lipat yang mengarah ke luar ini disebut memiliki kelebihan, seperti tidak perlu layar kedua atau kamera tambahan. Namun desain ini juga memiliki kekurangan. Layar lipat yang rapuh ini benar-benar terbuka dan rentan bersentuhan dengan benda asing.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Diprediksi, Oppo mungkin menunggu Corning atau perusahaan lain untuk mengembangkan kaca pelindung yang kuat dan bisa dilipat.

Namun perlu digarisbawahi, desain smartphone lipat dari Oppo ini masih bersifat paten. Sehingga belum ada kepastian bahwa perangkat ini akan diproduksi secara massal. Kita nantikan saja bersama inovasi menarik satu ini. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here