Intel Compute Card, PC yang Hanya Sebesar Kartu Kredit

Telset.id, Jakarta – Intel kini memperkenalkan komputer seukuran Kartu Kredit. Berbeda dengan Compute Stick yang berukuran sebesar USB drive, Compute Card memiliki ukuran kartu kredit hanya saja ketebalan sekitar 4-5 kartu.

Terselip di dalam Compute Card adalah CPU, GPU, RAM, penyimpanan dan konektivitas nirkabel berupa WiFi dan Bluetooth.

Intel meluncurkan perangkat ini pada minggu lalu CES 2017, perangkat ini sangat cocok untuk melakukan tugas sehari-hari seperti produktivitas kantor, email, Facebook dan media streaming.

Hal lain yang menarik tentang Compute Card Intel adalah yang memiliki potensi untuk memperpanjang umur gadget seperti PC notebook, tablet, dan smart TV.

Saat ini, gadget yang lebih tua berakhir di TPA, diganti dengan versi kaya fitur baru lebih cepat dan lebih. Hal ini tidak hanya mahal tetapi juga boros.

Secara teknis, Compute Card memiliki  prosesor Atom hingga Core i7. Tentu saja, untuk prosesor kelas Core, kemungkinan besarnya adalah Core M3 atau i5 dan i7 seri Y. Sebab, Compute Card tidak memungkinkan ada kipas di dalamnya. Meski demikian, hal ini membuat performa komputasi dari produk yang menggunakannya bisa cukup tinggi.

Saat ini Compute Card memang belum dijual. Intel berencana mengawali distribusinya di paruh kedua tahun ini. Akan tetapi sudah ada beberapa perusahaan berskala internasional yang sudah menyatakan kerjasamanya dengan Intel dalam mendukung Compute Card ini. Dell, HP, Lenovo, dan Sharp adalah beberapa yang sudah menyatakan dukungannya. Sementara itu, untuk rekanan regional, Seneca Data, InFocus, Contec DTx, TabletKiosk dan Pasuntech pun sudah mengumumkan dukungannya. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here