HMD Global Menyerah Jualan HP Premium Nokia

Telset.id, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari HMD Global, selaku pemegang lisensi merek HP Nokia. HMD Global telah menyerah di bisnis ponsel flagship untuk Nokia, dan lebih memilih bergelut di pasar HP terbaru di kelas entry dan menengah.

Pernyataan ini tentu mengejutkan banyak pihak, terkhusus orang-orang yang menantikan kehadiran HP flagship Nokia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Adam Ferguson selaku Head of Product Marketing HMD Global.

“Membuat ponsel seharga USD 800 tidak masuk akal bagi kami saat ini,” ujar Adam Ferguson, Head of Product Marketing HMD Global. “Perusahaan tidak ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar-besaran dengan pemain lain,” lanjutnya.

Dalam wawancara dengan Android Authority, Adam juga menambahkan bahwa HMD Global dan Nokia ingin berdiri sendiri untuk sesuatu yang sangat berbeda.

Baca Juga: Daftar HP Nokia Terbaru

Meskipun strategi ini mungkin sedikit mengecewakan bagi penggemar yang menunggu HP premium Nokia, ini membantu HMD Global menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan pengiriman smartphone-nya.

Data dari Strategy Analytics menunjukkan bahwa pengiriman smartphone perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang layak sejak kuartal pertama tahun 2021.

Pada Q4 2021, HMD Global mengirimkan 3,2 juta HP terbaru secara global, naik dari 2,8 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan smartphone perusahaan tumbuh 41% YoY selama periode Oktober hingga Desember, serta mencetak rekor baru.

Baca Juga: Nokia G11 Resmi Meluncur

Nokia 9 PureView, yang diluncurkan pada Februari 2019, adalah smartphone flagship Nokia pertama dan mungkin satu-satunya yang dirilis HMD Global.

Nokia Fokus ke HP Entry dan Menengah

Adam mengatakan bahwa HMD fokus pada pembuatan ponsel Nokia berfitur bagus dan HP terbaru di kelas entry serta menengah.

Ia ingin membuat perangkat keras yang bertahan beberapa tahun, dengan masa pakai baterai yang panjang dan dijual dengan harga terjangkau untuk konsumen.

Rencana ini juga bertujuan untuk menjadi pemimpin di pasar smartphone prabayar AS pada akhir tahun 2022 (Strategy Analytics).

Baca Juga: Tablet Nokia T20 Hadir di Indonesia

Jika dicermati, HMD Global terlihat bergerak santai dengan smartphone Nokia yang diluncurkan ke publik. Terakhir kali mereka meluncurkan seri Nokia G21 dan G11.

Kedua smartphone tersebut juga hadir untuk menyasar segmen entry level. Baterai yang tahan lama dan harga terjangkau jadi modal utama untuk menggaet hati konsumen. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0