Nokia 9 PureView, Ponsel 5 Kamera Pertama di Dunia

Telset.id, JakartaHMD Global resmi mengumumkan smartphone anyarnya Nokia 9 PureView di ajang MWC 2019 di Barcelona. Smartphone ini cukup bikin penasaran dan sudah lama dinanti, karena diklaim memiliki kemampuan fotografi yang luar biasa dengan mengusung 5 kamera.

Dari sisi desain, Nokia 9 PureView nampak masih tetap setia dengan gaya yang telah dibangun HMD selama beberapa tahun terakhir. Bentuk persegi panjang dengan penampilan yang sederhana dan elegan, lis aluminium dan kaca di bagian belakang, melengkung ke arah tepi untuk pegangan yang lebih nyaman.

Sementara pada bagian layarnya, smartphone ini memiliki layar 5,99 inci dengan rasio aspek 18: 9. Resolusi ini ditandai sebagai QHD+, yang berarti 1440 x 2880 dan merupakan panel OLED untuk warna hitam pekat dan warna cerah.

Tidak ada pemindai sidik jari yang terlihat di tubuh ponsel. Itu karena HMD menggunakan teknologi pemindai sidik jari di bawah layar. Tapi ini bukan ultrasonik, seperti yang pada Samsung Galaxy S10.

Nokia 9 PureView ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 845, prosesor yang sebenarnya keluaran tahun lalu. Ponsel ini disokong RAM 6GB, dan penyinpanan sebesar 128 GB, IP67, baterai 3.320 mAh, dan pelindung Gorilla Glass.

{Baca juga: Setelah India, Giliran AS Disambangi Nokia 3.1 Plus}

Kekuatan atau fitur andalan dari Nokia 9 PureView adalah di bagian kameranya. Nokia 9 PureView memiliki lima sensor dengan optik ZEISS di bagian belakang, dua di antaranya RGB dan tiga monokrom lainnya.

Saat mengambil foto, semua sensor bekerja bersamaan untuk mengumpulkan pencahayaan, detail, dan data warna, dan menjahit semuanya bersama untuk gambar akhir. Menurut HMD, mengambil satu foto menghasilkan setidaknya 60 MP data pencitraan yang sedang diproses.

{Baca juga: Horee! 5 Smartphone Nokia Ini dapat Update ke Android Pie}

Ini dimungkinkan dengan co-prosesor gambar khusus, yang membantu dengan tugas berat. Setiap gambar adalah HDR, dapat memiliki rentang dinamis hingga 12,4 stop, dan berakhir dengan 12 MP.

HMD melepas Nokia 9 PureView diharga USD 699 atau sekitar Rp 9,8 juta untuk varian RAM 6GB dan storage 128GB. Rencananya smartphone ini akan resmi meluncur pada bulan Maret mendatang. Untuk pre-order di beberapa negara sudah mulai dibuka. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here