telset

Ponsel Jadul Nokia 6310 akan “Dihidupkan” Kembali

Telset.id, Jakarta – Nokia sedang mempersiapkan dua ponsel anyarnya, yakni Nokia XR20 dan Nokia 6310. Yang menarik, Nokia 6310 adalah ponsel jadul yang akan dirilis ulang dalam versi kekinian dengan sertifikasi Bluetooth SIG.

Di masa jayanya saat menjadi penguasa pasar, Nokia memiliki banyak ponsel legendaris yang hingga kini masih diingat oleh pengguna lawasnya, salah satunya adalah ponsel Nokia 6310.

Jika Anda masih ingat, ponsel ini dulu diklaim dapat menulis pesan di bodinya dengan menggunakan sinar laser. Padahal yang dimaksud “sinar laser” adalah Bluetooth.

Baca juga: Lama Vakum, Ponsel Flagship Nokia Bakal Diluncurkan Tahun Ini

Ya, Nokia 6310 adalah ponsel pertama yang menggunakan teknologi bluetooth di masanya. Ponsel ini disukai pengguna saat itu karena bisa mengirimkan file teks maupun foto tanpa harus menggunakan kabel data.

Ponsel jadul ini nampaknya akan “dihidupkan kembali”. Hal ini diketahui setelah ada dua ponsel baru Nokia yang terlihat masuk daftar situs web Bluetooth SIG, yakni Nokia 6310 dan Nokia XR20.

Daftar di Situs Web Bluetooth SIG menunjukkan bahwa Nokia 6310 akan memiliki Bluetooth v5 dan Nokia XR20 akan hadir dengan Bluetooth v5.1.

Kedua smartphone itu sebelumnya juga terlihat di situs web pengecer Rusia dan di situs Geekbench yang mengungkapkan spesifikasi utama mereka. Nokia 6310 diperkirakan akan menjadi versi baru dari ponsel Nokia klasik dengan nama yang sama.

Daftar pengecer Rusia menunjukkan bahwa nomor model TA-1400 dikaitkan dengan Nokia 6310. Berdasarkan spesifikasinya, tampaknya merupakan feature phone.

Daftar tersebut menunjukkan bahwa handset ini mungkin akan memiliki layar 2,8 inci dan baterai 1.150mAh. Ponsel tersebut akan dibekali RAM 8MB, dan penyimpanan 16MB. Mungkin ada kamera belakang 0,3 megapiksel, Radio FM, dan dukungan dual SIM.

Beberapa smartphone Nokia diketahui sudah masuk daftar sertifikasi di situs web Bluetooth SIG. Smartphone pertama memiliki nomor model TA-1362, TA-1368, dan TA-1371, dan diyakini sebagai Nokia XR20.

Spesifikasi ponsel ini juga sudah terungkap di situs web pengecer Rusia dengan nomor model TA-1362. Ini menunjukkan bahwa Nokia XR20 tidak hanya memiliki nomor model TA-1362, tetapi juga dapat tersedia dalam berbagai konfigurasi.

Baca juga: Bukan Android, Nokia X60 Series Berjalan di HarmonyOS

Seperti disebutkan di atas, Nokia XR20 juga terlihat di situs benchmark Geekbench. Daftar tersebut menunjukkan smartphone tersebut mencetak 510 poin dalam tes single-core dan 1.227 poin dalam tes multi-core.

Untuk spesifikasinya, Nokia XR20 disebutkan akan memiliki layar full-HD+ 6,67 inci (1.080×2.400 piksel), dan akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 480 yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Nokia XR20 diklaim akan dibekali pengaturan kamera belakang ganda, dengan kamera utama 48 megapiksel dan kamera sekunder 13 megapiksel. Di bagian depan, ponsel ini mengandalkan kamera 8 megapiksel, dan akan mengemas baterai 4.360mAh, dan dilengkapi dengan Wi-Fi, NFC, dan port USB Type-C. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0