telset

Nintendo akan Nonaktifkan Streaming Video di Konsol Wii

Telset.id, JakartaNintendo dikabarkan akan menonaktifkan fitur video streaming konsol Wii pada awal tahun depan. Dengan penonaktifan fitur ini, maka penggunanya tidak akan bisa mengakses layanan konten streaming video seperti Netflix dan Amazon Prime melalui konsol tersebut.

Kabar ini diberitahukan Netflix melalui e-mail pengguna mereka baru-baru ini, seperti dilansir The Verge, Senin (12/11/2018).

Penonaktifkan ini belum secara resmi diumumkan Nintendo, tetapi kabar ini memastikan langkah produsen game ini untuk mulai mempensiunkan perangkat lawas mereka.

Sebenarnya penonaktifan fitur ini merupakan hal yang wajar karena perangkat Nintendo Wii ini sudah dirilis mulai 2005 lalu hingga 2011 atau sudah 7 tahun sejak terakhir beredar dipasaran. Pada saat itu penyedia layanan streaming video belum banyak, bahkan Amazon Prime dan Hulu juga belum dirilis.

Penonaktifan layanan ini akan dilakukan bersamaan dengan penutupan Wii Shop Channel, postal untuk mengunduh konsol game virtual, pada 30 Januari 2019.

Penutupan itu bersamaan dengan pengumuman Nintendo bahwa itu akan menutup Wii Shop Channel, portalnya untuk mengunduh game konsol virtual pada 30 Januari 2019. Produsen game asal Jepang ini juga tidak mengabarkan apakah mereka bakal merilis konsol anyar atau fokus untuk mengembangkan game berbasis internet.

Bisa jadi Nintendo juga akan membuat perangkat konsol game yang sudah memiliki fitur streaming video, mengingat Nintendo Switch tidak memiliki fitur aplikasi streaming ketika diluncurkan tahun lalu. Aplikasi Hulu dan Niconico didapat penggunanya dengan mengunduh sendiri.

Sebelumnya Nintendo berencana menghadirkan aplikasi YouTube untuk perangkat Nintendo Switch. Aplikasi ini akan tersedia dalam waktu dekat dan ini nampaknya menjadi komitmen Google untuk membuat YouTube hadir dimana-mana.

YouTube dan Nintendo sendiri bukan tidak pernah bekerja sama. Pada seri sebelumnya yakni Nintendo 3DS dan Nintendo Wii U sudah memiliki layanan berbagi video tersebut.

Rumor ini sendiri belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Google. Jika rumor tersebut itu benar maka akan menambah daya tarik bagi Nintendo Switch. Selama ini orang-orang selalu menikmati aplikasi YouTube di Android ataupun Tablet.

Tetapi ketika fitur ini tiba maka pengguna Nintendo Switch akan merasakan sensasi bermain dan menonton streaming game di tempat yang sama.

Nintendo Switch adalah perangkat game serba guna yang sangat portabel. Kehadiran YouTube menunjukan bahwa Switch lebih dari sekadar perangkat game.

Sebelumnya Nintendo Switch juga menambah daftar kemampuannya yakni bisa sebagai medium untuk membaca buku komik. [WS/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0