Napak Tilas Teknologi 10X Lossless Zoom Oppo di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Kembali ke tahun 2019, ketika Oppo unjuk gigi dengan sejumlah inovasi terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC). Saat itu sebagian dari kita mungkin dibuat terpukau dengan adanya teknologi 10X Lossless Zoom. Satu yang kemudian mungkin menjadi pertanyaan orang banyak, apa hebatnya teknologi ini?

Well, saat itu teknologi 10x Lossless zoom boleh dibilang memang bukan sesuatu yang familiar. Tak heran, jika kehadiran Oppo di gelaran tahunan yang biasa diadakan di Barcelona, Spanyol itu pun dinanti-nanti. Alasannya sederhana, orang-orang penasaran dengan apa yang sebenarnya ditawarkan teknologi 10x Lossless zoom.

Untuk diketahui, teknologi 10X Lossless Zoom sendiri pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi zoom milik Oppo, yang diperkenalkan pertama kali pada dunia di ajang MWC 2017.

{Baca juga: Bikin Video Berkualitas Lewat Fitur Kamera Oppo Reno4 Ini}

Saat itu, Oppo memamerkan prototipe konsep “5x Dual Camera Zoom” yang terinspirasi oleh periskop pada kapal selam. Melalui teknologi ini, perusahaan menanamkan kamera ganda lensa sudut lebar dan lensa telefoto, sebagai solusi lensa telephoto yang ditempatkan pada ruang perangkat yang tipis.

Oppo menggunakan struktur gaya periskop untuk menghemat ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

Sukses dengan teknologi tersebut, Oppo pun datang dengan teknologi 10x Lossless Zoom. Ini merupakan teknologi baru yang dibuat dengan spesifikasi kamera terkemuka di industri termasuk struktur kamera tiga lensa yang terdiri dari lensa telefoto, lensa sudut ultra lebar, dan kamera utama.

Untuk memberikan nilai lebih pada pengguna, Oppo lantas memperkenalkan pula Optical Image Stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telefoto untuk mencapai akurasi yang lebih tinggi dan anti-guncangan.

Kala itu Oppo mengklaim, presisi stabilisasi dari teknologi OIS adalah 0,001445 derajat, peningkatan 73 persen dari teknologi zoom optik 5x-nya.

Sementara itu, Oppo Reno menjadi smartphone pertama yang mengadopsi teknologi 10x Lossless Zoom.

{Baca juga: Jajaran Oppo Reno Edisi Spesial yang Beredar di Indonesia}

Oppo sendiri memperkenalkan seri Reno di Indonesia untuk pertama kalinya pada Juni 2019. Perangkat yang terdiri dari Reno dan Reno 10x Zoom ini menjadi sebuah perangkat unggulan yang hadir dengan membawa berbagai fitur baru canggih, diantaranya struktur kamera depan pivot rising camera, dimana pada bagian ini terdapat struktur yang akan keluar jika konsumen mengaktifkan kamera depan atau menyalakan lampu kilat.

Selain itu, Reno 10x Zoom juga hadir membawa keunggulan pada sisi kamera dimana perangkat ini dilengkapi 3 kamera utama, Kamera 48 Megapixel UltraHD F/1.7, kamera sudut lebar 8 Megapixel F/2.2 dan kamera telephoto 13 Megapixel F/ 3.0.

Di Indonesia, perangkat ini dijual dengan harga Rp. 12.999.000, sementara Oppo Reno dihargai Rp7.999.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here