Mudahnya Pakai Huawei P40 Pro+, P40 Pro, dan Nova 7 Berbasis HMS

Telset.id – Sejak tahun lalu, Huawei mulai mengimplementasi core system mereka bernama Huawei Mobile Service (HMS) dan toko aplikasi AppGallery pada jajaran smartphone terbarunya, seperti Huawei Mate 30 Series, P40, P40 Pro, P40 Pro+, hingga Huawei nova 7.

Huawei bekerja keras untuk terus mengembangkan core system mereka, sekaligus mengajak para developer untuk memasukkan aplikasinya ke ekosistem AppGallery.

Tujuannya, tentu saja agar lebih banyak pengguna dapat menikmati beragam aplikasi populer di ponsel maupun tablet Huawei terbaru berbasis HMS.

Sudah banyak aplikasi yang sudah tersedia di App Gallery, termasuk aplikasi-aplikasi lokal yang sering dimanfaatkan oleh para pengguna, seperti aplikasi perbankan, e-commerce, transportasi, dan lainnya.

Sebut saja, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, BCA Mobile, Vidio, Dana, KAI Access, Garuda Indonesia Mobile, Lion Air, My Blue Bird, Traveloka, My XL, Snapchat, TikTok, Batik Air, First Media X Mobile, bahkan sampai aplikasi chatting populer Line dan Telegram.

{Baca juga: Review Huawei MatePad T 10s: Tablet Terjangkau, Pas untuk WFH}

Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh Fisher Jiang, Country Director Huawei Consumer Business Group Indonesia. Menurutnya, beragam aplikasi top dalam negeri yang sering digunakan sudah hadir di AppGallery.

“Aplikasi telekomunikasi, e-commerce, pemerintahan, top bank, e-wallet, top media, edukasi, hiburan dan travel sudah ada di AppGallery. Kita terus kembangkan dan jalin komunikasi dengan berbagai pihak, untuk menghadirkan top aplikasi dalam negeri untuk dapat diunduh dari AppGalllery,” jelasnya.

Ekosistem HMS dan AppGallery Terus Berkembang

Ekosistem HMS di Ponsel Huawei P40 Pro
Ekosistem AppGallery terus bertambah seiring berkembangnya Huawei Mobile Service. (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Aplikasi yang tersedia di AppGallery pun terus bertambah banyak seiring pengembangan HMS yang terus dilakukan Huawei. Perusahaan asal China ini telah meluncurkan HMS Core 5.0 pada Juni 2020.

Huawei Mobile Service dengan core terbaru sepenuhnya membuka kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras inti untuk developer global, dengan 56 Kit dan lompatan nomor API menjadi 12.981.

Lewat core terbaru yang dirancang Huawei, sekarang sudah terdaftar kurang lebih 96.000 aplikasi yang telah terintegrasi dengan HMS atau meningkat 123% secara year-on-year.

{Baca juga: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

Selain itu, ada 73.000 aplikasi luar negeri yang diluncurkan di AppGallery, menunjukkan pertumbuhan 10 kali dari tahun ke tahunnya.

Sejak peluncuran globalnya pada April 2018, AppGallery tersedia di lebih dari 170 negara, dengan 490 juta pengguna aktif bulanan secara global per Agustus 2020. Total, aplikasinya bahkan mendapatkan total unduhan sebanyak 261 miliar kali dari Januari 2020 hingga Agustus 2020.

Petal Search, Fitur Pintar Tersedia di HMS Core

HMS Huawei Nova 7
Petal Search adalah fitur eksklusif yang hadir pada ponsel Huawei berbasis HMS. (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Huawei tidak hanya mengembangkan core dari HMS saja agar lebih banyak developer mendaftarkan aplikasinya ke AppGallery. Tapi juga membawa serangkaian fitur canggih yang hanya bisa dirasakan pada ponsel Huawei berbasis HMS.

Petal Search Widget merupakan salah satu fitur pintar nan canggih yang tersedia pada EMUI 10.1 terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk install aplikasi apapun dan mendapatkan notifikasi update jika ada.

Petal Search sudah dirancang sedemikian rupa agar terhubung dengan AppGallery dan penyedia aplikasi dari pihak ketiga. Jadi, bisa dibayangkan seberapa luas jelajah pencarian aplikasi dari widget tersebut.

{Baca juga: Review Huawei Nova 7: Spek “Rasa Flagship”, Terbatas dengan HMS}

Ketika pengguna mencari aplikasi yang mereka inginkan via Petal Search, maka akan muncul berbagai aplikasi dari berbagai sumber yang aman untuk diambil versi APK-nya dan di-install dengan mudah.

Selain itu, ada fitur lain yang dihadirkan Huawei untuk perangkat berbasis HMS bernama MeeTime. Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk tetap produktif di kala pandemi. Sebab, mereka dapat dengan mudah melakukan pertemuan secara online dengan kualitas video HD.

MeeTime bisa diakses melalui aplikasi Phone. Fitur ini bakal langsung mendeteksi siapa saja kontak yang menggunakannya secara otomatis. MeeTime pun memudahkan pengguna untuk sharing tampilan layar atau Share Screen.

Promosi Spesial Huawei Indonesia

Huawei Mobile Service HMS
Promo spesial diberikan Huawei untuk konsumen Indonesia. (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Dimulai pada 15 Oktober hingga 30 November, ada promo spesial yang bisa didapatkan konsumen Indonesia. Setiap pembelian Huawei P40 Pro+ seharga Rp 18.499.000 akan mendapatkan hadiah langsung tablet Huawei MatePad T8 dan Huawei Band 3e.

Lalu Huawei P40 Pro yang dijual seharga Rp 12.499.000 akan mendapatkan hadiah tablet Huawei MatePad T8. Dan, Huawei nova 7 seharga Rp 6.899.000, konsumen mendapatkan cashback Rp 900.000.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Untuk mendapatkan penawaran menarik pada special promo ini, dapat langsung mendatangi Huawei High-end Experience Store di Jakarta, Serpong, Bandung, Medan, dan Surabaya. Promo ini pun tersedia juga di Erafone, dan Official Store e-commerce Blili, JDID, Lazada, dan Shopee.

“Ini Adalah penawaran special bagi konsumen tanah air yang menginginkan smartphone Huawei dan mendapatkan pengalaman menarik dari perangkat yang menjalankan HUAWEI Mobile Service (HMS),” jelas Fisher Jiang. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -