Galaxy S8 Semakin Dekat, Ini Bocoran Mesin Utamanya

Galaxy S8

Telset.id, Jakarta – Kehadiran Samsung Galaxy S8 semakin dekat, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya Samsung memperkenalkan penerus Galaxy S7 ini ke hadapan publik. Sama seperti pendahulunya, Samsung Galaxy S8 juga akan mengusung dua tipe chipset yang berbeda sebagai mesin utamanya.

Kedua chipset tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 8895. Untuk Snapdragon 835, kabarnya Samsung masih belum bisa membuat Snapdragon 835 yang menjadi salah satu alasan kenapa jadwal peluncuran Galaxy S8 diundur. Hal tersebut juga ternyata berdampak pada smartphone lainnya yang akan mengusung chipset tersebut, yakni Xiaomi Mi 6.

[Baca Juga: Gara-Gara Samsung, Xiaomi Undur Peluncuran Mi6?]

Namun untuk chipset Exynos 8895, sepertinya sudah menemui titik terang setelah munculnya bocoran foto yang memperlihatkan spesifikasi dari chipset tersebut. Pada foto tersebut, terlihat jika Exynos 8895 akan memiliki dua versi, yakni 8895M dan 8895V. Untuk versi tertinggi dari chipset itu adalah 8895M yang memiliki clocked CPU lebih tinggi 200 MHz daripada 8895V. Sedangkan untuk GPU, keduanya akan mengusung GPU Mali-G71 yang lagi-lagi tipe 8895M akan mendapatkan ekstra dua core daripada versi lainnya.

Bocoran tersebut juga mengkonfirmasikan jika chipset akan dibangun menggunakan proses 10nm yang juga digunakan pada proses pembangunan Snapdragon 835. Nantinya, prosesor yang disematkan pada Galaxy S8 (untuk Exynos 8895) adalah Octa-core yang akan dibagi menjadi dua bagian yakni 4 “otak” untuk M2 yang bertugas sebagai penopang performa yang didesain oleh Samsung, sedangkan 4 “otak” lainnya bertugas untuk efisiensi baterai yang didesain oleh ARM.

[Baca Juga: Samsung Galaxy S8 akan Punya Beast Mode?]

Exynos 8895 juga sudah mendukung LPDDR4 RAM, penyimpanan UFS 2.1, layar 4K dan Cat.16 LTE. Kabar baiknya, rencana Samsung untuk mengundur perkenalan Galaxy S8 ke bulan April sepertinya akan berjalan baik mengingat chipset ini dijadwalkan akan dikirim pada kuartal kedua tahun 2017. [FHP/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here