telset

MIT Berhasil Ciptakan Wearable Untuk Membantu Tunanetra

Telset.id, Jakarta – Para ilmuan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil ciptakan wearable untuk membantu tunanetra. Mereka menemukan sebuah alat yang dapat menggantikan tongkat untuk menuntun tunanetra berjalan dengan aman.

Dikutip dari laman TechCrunch, alat ini sendiri berbentuk sebuah komputer mini yang terdapat kamera 3D dan dikenakan dengan cara digantungkan di leher. Selain itu, terdapat juga sabuk dengan haptic vibration untuk memberi sinyal ke pengguna serta papan braille yang menunjukkan benda apa yang ada di depan sang pengguna.

Untuk cara kerjanya sendiri adalah kamera 3D akan mendeteksi keadaan sekitar. Jika dalam jarak terentu terdapat sebuah benda, maka pengguna akan mendapatkan getaran dari sabuk dan dapat mengecek benda apa yang ada di sekelilingnya di papan braille dengan kode tertentu.

Alasan utama para peneliti MIT menciptakan alat ini dikarenakan masih rendahnya peralatan yang diujukan untuk para tunanetra. Padahal, mereka sangat membutuhkan alat yang dapat membantu mereka untuk menjalani kehidupan mereka sehari-hari.

“Kami tidak ingin menggunakan audio. Kami menemukan bahwa bagian tubuh yang paling jarang digunakan oleh indra lain adalah sekitar perut. Oleh karena itu kami membuat ikat pinggang yang dapat bergetar,” ujar salah satu peneliti Robert Katzschmann dalam pernyataan resmi di situs MIT.

Nah penasaran bukan dengan cara kerja dari sistem tersebut? Jika penasaran, silahkan saksikan cara kerjanya di video berikut ini. [NC/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0