telset

Mirip Flashdisk, Ternyata Alat Ini untuk Deteksi HIV

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi yang sangat cepat diberbagai bidang telah membantu pekerjaan manusia menjadi lebih praktis. Salah satunya dibidang kesehatan yang telah menemukan alat berupa flashdisk yang bisa deteksi HIV di dalam darah manusia.

Dilansir Tim Telset.id dari Wittyfeed, alat yang dikembangkan oleh para ilmuwan dari Imperial College London dan juga DNA Electronics itu merupakan Scientific USB Drive yang seperti bisa dihubungkan ke komputer untuk mengetahui hasil tes HIV.

[Baca juga: Smartphone Ini Bisa Terawang “Dalaman” Semua Objek]

Memang hingga kini obat untuk penyakit yang mematikan tersebut masih belum berhasil ditemukan, namun apa yang dilakukan oleh para ilmuwan ini tentu sangat bermanfaat di bidang kesehatan karena mampu mendeteksi HIV dalam waktu kurang lebih 30 menit saja dengan tingkat akurasi mencapai 95 persen.

[Baca Juga: 7 Produk Teknologi “Aneh” yang Hadir di CES 2017]

Cara kerja dari alat seukuran flashdisk ini agak mirip seperti alat untuk tes kehamilan. Namun bedanya, sample yang dibutuhkan adalah setetes darah dari seseorang yang ingin diuji yang nantinya akan ditempatkan pada ujung dari USB Drive tersebut.

Kemudian, nantinya darah tersebut akan mengubah tingkat keasaman logam yang ada pada USB Drive dan merubahnya menjadi listrik. Selanjutnya sambungkan Scientist USB Drive itu ke PC untuk mengetahui hasilnya.

Alat canggih ini sudah melewati pengujian berkali-kali dengna total 1.000 sampel yang diuji. Dari pengujian tersebut, alat seukuran flashdisk itu mampu memberikan hasil dengan rata-rata waktu 21 menit dan akurasi lebih dari 90%.

Tentu dengan adanya alat tersebut, bisa sangat bermanfaat di bidang kesehatan karena hanya dengan waktu yang sebentar saja, dokter bisa mengetahui tes HIV dengan mudah. (FHP/HBS)

SourceWittyfeed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0