Penjualan Feature Phone Masih “Bergairah”

Telset.id, Jakarta – Sekarang memang eranya smartphone, namun bukan berarti pasar feature phone telah tamat. Meski gangungnya tak sekencang smartphone, namun nyatanya feature phone atau ponsel standar masih menghasilkan penjualan yang besar di tahun 2016 lalu.

Total penjualan feature phone di tahun 2016 lalu menyentuh angka 396 juta unit. Meski terbilang masih banyak, tapi perolehan tersebut terus menurun secara perlahan dari tahun 2010 hingga saat ini.

[Baca juga: 5 Alasan Nokia 3310 “Lebih Asyik” Dibanding iPhone]

Untuk pangsa pasarnya sendiri, Nokia ternyata masih menunjukan taringnya di segmen feature phone dengan menempati urutan kedua di bawah Samsung dengan total penjualan 35,3 juta unit. Sementara Samsung di urutan pertama dengan penjualan 52,3 juta unit. Menyusul berikutnya di posisi ketiga adalah TCL-Alcatel dengan penjualan menembus angka 27,9 juta unit.

Jika dikalkulasi, maka Nokia yang sedang merintis popularitas di segmen smartphone ini meraih pangsa pasar sebesar 8,9% dari total penjualan di tahun 2016 secara keseluruhan. Sementara itu Samsung dan TCL-Alcatel masing-masing meraih 13,2% dan 7,0% pangsa pasar.

[Baca juga: Nokia 3310 Versi Modern Mirip Nokia 150?]

Meski trennya terus menurun, tapi kemungkinan tren feature phone di tahun ini akan sedikit meningkat karena adanya rencana Nokia untuk kembali meluncurkan Nokia 3310 versi modern yang akan mengisi segmen feature phone dengan harga kurang dari Rp 1 juta. Ya, kita tunggu saja eksistensinya ya! (FHP/HBS)

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI