Apa itu Teknologi Micro Gimbal Vivo X50 Pro Series

micro gimbal Vivo X50 Pro

Telset.id – Vivo telah resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yaitu Vivo X50 series dengan keunggulan pada aspek kamera. Dua seri teratasnya yaitu Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus menawarkan fitur micro gimbal, yang belum pernah digunakan pada smartphone manapun sebelumnya.

Untuk spesifikasi kamera, Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus memiliki perbedaan hanya pada sensor utama. Dimana X50 Pro menggunakan kamera utama dengan sensor Sony IMX598 48MP F/1.6, sedangkan X50 Pro Plus mengusung sensor yang lebih besar yaitu Samsung GN1 50MP f/1.6.

Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor tambahan yaitu diantaraanya kamera telephoto dengan periskop 13 MP dan lensa F/2.5 dengan 5x optical zoom 5x (135mm) dan OIS, telephoto 8 MP potrait, dan ultrawide 112˚ 8 MP. Begitu pula dengan kamera selfie dengan sensor 32MP F/2.5.

{Baca juga: Vivo X50 Pro & X50 Pro+ Meluncur dengan Kamera 50MP dan Micro Gimbal}

Keunggulan utama pada kamera smartphone ini yaitu teknologi micro gimbal, yang mana fitur ini akan meningkatkan stabilitas kamera menjadi lebih baik. Teknologi ini sebelumnya telah dipamerkan Vivo pada produk konsep mereka yaitu Vivo APEX 2020.

Vivo mengatakan bahwa pendekatan gimbal dapat meningkatkan fluiditas lensa hingga 200% dibandingkan dengan solusi stabilisasi gambar EIS maupun OIS saat ini. Butuh waktu berbulan-bulan bagi Vivo dan banyak upaya dari tim R&D untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Bukan cuma itu, Vivo juga perlu mengecilkan modul kamera, karena awalnya teknologi ini membutuhkan lima kali luas rata-rata kamera ponsel saat ini. Sedangkan untuk teknolgi periscopenya juga harus dikecilkan hingga 3 kali lipat.

Micro Gimbal Vivo X50 Pro

Secara teknis, sistem yang dihadirkan pada teknologi micro gimbal ini cukup rumit. Vivo menyebutkan bahwa didalam komponen micro gimbal ini memiliki beberapa teknologi mulai dari; mekanisme batas, suspensi bola ganda, lensa, voice coil motor, dual S-type FPC lines, T-FPC, kerangka magnetik, dan tutup pelindung.

Namun dengan sederhananya, kemampuan micro gimbal yang ditawarkan pada kamera Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus ini akan memberikan tingkat kestabilan yang lebih tinggi dalam mengkompensasi gerakan tangan pengguna. Yaitu mencapai hingga 300% dibandingkan teknologi OIS dan EIS yang ada pada smartphone saat ini.

Suspensi gimbal juga akan sangat berguna dalam membekukan objek bergerak. Objek foto akan terlihat memiliki detail yang baik, tanpa mengalami blur yang biasanya disebabkan karena guncangan ada sensor kamera tanpa peredam guncangan.

Bukan hanya saat mengambil video, teknologi micro gimbal ini juga sangat memberikan kemajuan yang sangat tinggi saat melakukan pengambilan mode malam.

Seperti yang kita ketahui mode malam yang digunakan pada kamera smartphone saat ini mengabungkan antara shutter speed yang rendah dengan peredam guncangan OIS/EIS untuk menghasilkan foto yang sangat baik di kondisi pencahayaan minim.

{Baca juga: Perbedaan Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus: Premium vs Flagship}

Mode malam pada perangkat X50 Pro series ini memiliki sensitivitas cahaya 39% hingga 220%. Dengan demikian, durasi pengambilan gambar untuk mendapatkan exposure lebih tinggi jadi berkurang.

Berkat penggunaan micro gimbal, tentunya detail yang diabadikan sensor kamera akan lebih baik. Tingkat ketajaman gambar meningkat, sementara blur yang disebabkan gerakan tangan juga akan jauh berkurang berkat teknologi micro gimbal tersebut.

Selain teknologi micro gimbal, Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus juga menghadirkan kemampuan zoom pada kamera. Terdiri dari dua sensor, yaitu 13MP telephoto periscope dan 8MP telephoto standar, kamera Vivo X50 Pro dan X50 Pro plus memiliki kemampuan optical Zoom hingga 5X-10X, dan hybrid zoom mencapai 60X.

Dengan segala fitur dan kemampuan kamera yang ditawarkan oleh Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus, tentunya kita penasaran seperti apa kemampuan sesungguhnya jika dibandingkan dengan perangkat lain.

Review DXOmark menjadi platform benchmark kamera yang cukup kompeten untuk menilai kemampuan kamera pada perangkat smartphone. Kita tunggu saja skor DXOMark untuk perangkat Vivo X50 Pro dan X50 Pro Plus tersebut. [IR/HBS]

Previous articleBocoran Spesifikasi Lengkap Trio Redmi 9 yang Mau Diluncurkan
Next articleKaryawan Facebook Mogok Kerja Gegara Postingan Donald Trump

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here