Mengulik Seberapa Dalam Hubungan Oppo dan MWC

Telset.id, Jakarta – Setiap memasuki bulan Februari, ada satu event istimewa yang selalu dinanti, yakni Mobile World Congress (MWC). Di perhelatan tahunan ini, Oppo selalu ikut berpartisipasi. Lantas, seberapa dalam hubungan Oppo dan MWC?

Sebagian orang boleh saja mengaitkan bulan Februari dengan hari kasih sayang – atau lebih dikenal dengan hari Valentine. Namun bagi mereka yang berada di ranah teknologi, Februari memiliki arti yang jauh lebih besar dari itu.

Betapa tidak, di bulan kedua di setiap tahunnya inilah ajang pameran terbesar di bidang seluler digelar. Mobile World Congress (MWC), demikian pameran ini diberi nama.

Dari segi tujuan, tak ubahnya pameran pada umumnya, MWC juga dijadikan ajang untuk mempertunjukkan atau memperkenalkan hasil karya atau hasil produksi para pelakunya kepada khalayak atau masyarakat secara luas.

Bedanya, jika yang dipamerkan di pameran biasa umumnya karya seni berupa lukisan atau lainnya, di pameran seluler ini yang ditampilkan adalah produk teknologi. Smartphone, dalam hal ini menjadi salah satunya, jika tidak fokus utama.

Tahun ini, Mobile World Congress telah memasuki kali keenam penyelenggaraannya – setidaknya setelah berubah nama dari 3GSM World di tahun 2014. Oppo dan MWC pun kembali bersua.

Dan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ratusan ribu peserta diprediksi akan menghadiri event ini, termasuk Oppo dan seabreg perusahaan teknologi lainnya.

{Baca juga: 3 Smartphone Terbaik di MWC 2018}

Oppo dan MWC memang tak dapat dipisahkan. Salah satu produsen perangkat premium asal Tiongkok ini siap untuk kembali menghadirkan inovasinya dalam perhelatan akbar Industri smartphone ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai keikutsertaan Oppo di ajang yang digelar di Barcelona, Spanyol ini, yuk simak hasil penelusuran Telset.id.

1. MWC 2013
Bezel Super Tipis Oppo Find 5

Tahun 2013 merupakan saat dimana Oppo memperkenalkan perangkat flagship pertamanya, Oppo Find 5. Dibekali layar Full HD dengan kerapatan piksel 441ppi, Find 5 sendiri diperkenalkan ke indonesia sekitar akhir 2013. Saat itu perangkat ini dilepas dengan harga 5 jutaan.

Ada yang menarik dengan Oppo Find 5, setidaknya kala itu. Dari segi desain tepatnya, produsen asal Tiongkok ini sepertinya berusaha cukup keras untuk membuat produknya tampak elegan dan premium. Ditandai dengan bezel yang terbilang sangat tipis, yakni 3.25mm.

Di bagian belakang, Oppo mendandani smartphone berlayar 5 inci ini dengan plastik matte yang melengkung. Outputnya, Find 5 terasa ergonomis dan nyaman digenggam karena mengikuti kontur telapak tangan pengguna.

2. MWC 2014
Kamera Putar Pertama di Dunia Lewat Oppo N1

Di tahun kedua keikutsertaannya, Oppo kembali memperkenalkan perangkat terbarunya, yang diberi nama Oppo N1. Dari segi teknologi, ada hal unik yang dibawa smartphone ini. Dan itu tak lain kamera putar, yang merupakan pertama kali di dunia. Dengan kamera putar 206° ini, Oppo N1 menjadi pendobrak di industri smartphone. 

{Baca juga: 4 Fakta Menarik Tentang Perangkat Baru Oppo, R17 Pro}

Selain mengusung teknologi canggih di sisi kamera, dimana N1 juga dilengkapi sensor yang bisa menangkap gambar dengan resolusi 13 MP dan didukung dual lampu LED Flash, dari segi layar smartphone ini juga tampil digdaya.

Betapa tidak, ukurannya cukup besar – setidaknya kala itu, yakni 5.9 inci, dengan resolusi Full HD dan olesan Color OS.

N1 juga menawarkan cara navigasi yang belum pernah ada sebelumnya. Panel O-touch di bagian belakang bisa mengenali sentuhan serta gesture yang dilakukan oleh jari pengguna. Fitur ini sangat berguna untuk mengambil gambar, browsing, membaca serta mendengarkan lagu.

3. MWC 2015
Oppo R5 Sebagai Smartphone Tertipis di Dunia

Perangkat ini merupakan smartphone Android paling tipis di dunia, dengan ketebalan 4,85mm. Karena ketipisan perangkat, sejumlah hal pun pada akhirnya terpaksa dikorbankan Oppo.

Mulai dari jack audio 3,5 mm, yang ditiadakan, slot memori internal yang dihilangkan, hingga modul kamera yang terlihat sangat menonjol.

Untuk layar Oppo R5 memiliki ukuran 5,2 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels dan kepadatan piksel 423 ppi. Panelnya menggunakan teknologi Super AMOLED yang sama kualitasnya dengan smartphone kelas atas Samsung kala itu, Galaxy S5.

Teknologi ini memberikan kecerahan sehingga nyaman saat digunakan di bawah sinar matahari. Satu hal lagi yang menarik, R5 sangat kokoh lantaran casisnya terbuat dari baja.

4. MWC 2016
Super VOOC dan Smart Sensor

Tak seperti keikutsertaannya di tahun -tahun sebelumnya, MWC 2016 dimanfaatkan Oppo untuk memperkenalkan teknologi teranyarnya. Keduanya adalah Super VOOC dan Smart Sensor.

Super VOOC merupakan pengisian ulang paling cepat di industri smartphone saat ini, dimana pengguna hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk membuat perangkat dengan baterai sebesar 2500 mAH dapat terisi penuh.

Saat ini, Oppo telah membenamkan teknologi tersebut di beberapa flagshipnya, termasuk yang paling anyar Oppo R17 Pro.

{Baca juga: Setelah SuperVOOC, Smartphone Oppo akan Punya Wireless Charging}

Lain halnya dengan Super VOOC, Smartsensor adalah sistem anti guncang dengan penstabil 3 sumbu yang disematkan pada sensor, bukan pada lensa seperti yang banyak digunakan saat ini.

SmartSensor bisa tiga kali lebih cepat dari teknologi OIS berbasis lensa serta dapat mengompensasi getaran pada gambar hingga 15ms.

5. MWC 2017
5x Dual Camera Zoom

MWC berikutnya menjadi ajang perkenalan Oppo terhadap teknologi “5x Dual Camera Zoom” yang terinspirasi oleh ide periskop pada kapal selam. Pada teknologi ini, perusahaan menanamkan kamera ganda menggunakan lensa sudut lebar dan telefoto.

Untuk menyimpan lensa telephoto, Oppo menggunakan struktur gaya periskop sehingga dapat menyimpan ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

6. MWC 2019
5G dan teknologi 10x losseless Zoom

Sempat absen di MWC 2018, Oppo siap kembali unjuk gigi di ajang MWC tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di China ini akan memperkenalkan 2 inovasi terbarunya.

Pertama, pengembangan jaringan 5G dan kedua adalah kehadiran teknologi 10x losseless Zoom. 5G boleh dibilang bukan lagi mainan baru, mengingat Oppo sendiri telah cukup lama mengembangkan teknologi ini.

Tercatat, mulai tahun lalu perusahaan telah melakukan berbagai eksperimen, mulai dari pengujian 3D video calling hingga panggilan multiparty pertama dengan jaringan 5G.

Untuk teknologi 10x losseless Zoom, ini merupakan respon Oppo pada pengembangan teknologi yang diperkenalkan pada tahun 2017.

Oppo menjamin bahwa gambar yang dihasilkan dengan teknologi ini tetap tajam karena menggunakan zoom berjenis optical bukan perbesaran secara digital.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0