Mengintip Respon Pengguna Terhadap Oppo A9 2020, Yay or Nay?

Telset.id, Bandung – Setelah resmi diperkenalkan pada pertengahan September 2019, Oppo A9 2020 akhirnya mulai menyapa satu per satu calon pembelinya. Wilayah Bekasi Cyber Park, OPPO Store Teuku Umar Denpasar dan Makassar Mall Karebosi Link, didapuk perusahaan sebagai tempat penjualan perdana perangkat yang dimulai pada 20 September lalu. Namun demikian, hanya beberapa kota saja yang dipilih sebagai tempat berlangsungnya acara khusus bertajuk Special Event Serentak.

Diungkapkan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kota-kota tersebut termasuk Jakarta, Medan, Surabaya, Palembang, Semarang, Banjarmasin, Balikpapan dan Bandung. Kota terakhir, adalah kota dimana perkenalan tim Telset.id pada perangkat berkamera 48MP ini dilanjutkan.

Lantas, adakah alasan khusus mengapa Bandung dipilih Oppo sebagai tempat berlangsungnya bukan saja penjualan pedana tetapi juga sejumlah kegiatan lainnya termasuk kompetisi Mobile Legend?

{Baca juga: Apa Kata Gamer Soal Smartphone Terbaru Oppo, A9 2020?}

Well, Oppo menyebut Bandung sebagai kota yang mudah kepincut oleh perangkat berdesain fashionable dan memiliki warna baru. Selain itu, kota Bandung juga didominasi anak-anak muda yang aktif dan kreatif, segmen yang memang menjadi target market Oppo A9 2020.

“Anak muda kota Bandung sebagian besar adalah gen Z, persis target market A9 2020,” tambah Aryo. Bandung juga disebutnya masih masuk dalam posisi 10 besar penjualan A9 2020 terbaik.

Selain di Bandung, A9 2020 Special Event juga berlangsung secara serentak di Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Jakarta, Semarang dan Palembang. Tujuan event ini sendiri untuk memperkenalkan kembali lini seri A yang kini tampil berbeda dengan membawa inovasi, teknologi, desain dan fitur baru.

Untuk diketahui, A series 2020 sejatinya akan menjadi awal perubahan hirarki perangkat Oppo, dimana kini perusahaan tidak melanjutkan lini seri F. Lini seri F sendiri pertama kali dikenalkan Oppo pada 2016 dengan Oppo F1 sebagai aktor utamanya. Saat itu pula, Oppo memperkenalkan jargon selfie expert. Jargon ini sangat kuat melekat pada perangkat Oppo. Alhasil, Oppo berupaya memperkenalkan keunggulan lain dari perangkatnya. Jadi setiap perangkatnya tidak hanya dikenal sebagai jagonya selfie.

Pada awal tahun 2019, perangkat R17 Pro hadir, dan Oppo pun mulai mengganti arahannya kepada kemampuan kamera belakang. Oppo ingin agar perangkatnya tidak hanya dilirik lantaran kebolehannya ber-swafoto, tetapi juga unggul di sektor lainnya. Melalui A Series inilah Oppo mulai merubah paradigma konsumennya. Yah, meskipun sejumput pertanyaan mungkin menggelayuti para pengguna, 2020 kenapa sudah nongol di 2019?

Penjualan terbang di kota Kembang

Dipilihnya kota Bandung sebagai lokasi penjualan perdana Oppo A9 sudah barang tentu atas banyak pertimbangan. Dan Oppo tidak salah. Di kota Kembang ini, penjualan A9 2020 naik 20% jika dibandingkan dengan Oppo F11. Sementara secara nasional, Oppo A9 2020 dapat terjual sebanyak 500 unit setiap jamnya.

{Baca juga: Harga Rp 3,9 Jutaan, Oppo A9 2020 Punya 5 Keunggulan}

Penjualan perdana Oppo A9 2020 kemarin juga mencatatkan kenaikan 2,5 kali jika dibandingkan dengan F11 pada hari pertama penjualannya secara nasional.

Dari penjualan perdana perangkat yang berlangsung 20 – 22 September 2019, diketahui bahwa konsumen paling banyak menyatakan ketertarikannya terhadap RAM 8GB. Adapun peruntukan smartphone ini rata-rata adalah untuk multitasking, alias membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama. Sedangkan fitur yang paling banyak ditanyakan adalah membuka video dan chat bersamaan.

Diantara beberapa warna A9 2020 yang dirilis Oppo, perangkat warna marine green (hijau laut) mendominasi dengan 57%, dimana peminatnya kebanyakan pria. Sementara warna space purple (ungu galaxi), 43% didominasi oleh wanita.

Marine Green membawa DNA warna Find X, seperti warna glacier blue. Dimana dari tepian gradasi menuju hitam gelap pada bagian tengah. Sementara Space Purple mengambil DNA warna R17 Pro namun tidak dengan finishing doff melainkan gloss.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0