Lagi, MacBook Pro Tiba-tiba Terbakar saat Ditinggal Tidur

Telset.id, Jakarta – Apple menarik produk MacBook Pro secara sukarela lewat Program Recall Battery MacBook Pro 15-inci, karena adanya masalah baterai yang terlalu panas dan bisa menimbulkan risiko keamanan. Kekhawatiran itu akhirnya benar-benar terjadi. Seorang pengguna melaporkan MacBook Pro miliknya tiba-tiba terbakar.

Sebelumnya Apple telah mengakui bahwa baterai model lama dari MacBook Pro 15-inci cenderung mengalami cepat panas berlebih, dan berpotensi terbakar.

Unit yang ditarik terutama yang dijual antara September 2015 dan Februari 2017. Kelayakan produk diverifikasi melalui nomor seri Mac. Sebagian besar mungkin berpikir, “Seberapa burukkah itu?”.

{Baca juga: Bahaya! Ini Akibatnya Kalau Belum Servis MacBook Pro 15}

Nah, kini masalah itu terbukti benar. Seorang pria bernama Steve Gagne dari Florida membagikan pengalamannya saat MacBook Pro miliknya tiba-tiba terbakar.

Dalam postingannya di Facebook, ia menyebut laptopnya meledak ketika dia di tempat tidur. Gagne mengklaim, saat kejadian ada api kecil yang menyala dan ada asap di rumahnya. Bau asap dari MacBooknya yang terbakar benar-benar membuatnya khawatir.

“Biasanya saya menyimpan MacBook saya di sofa atau di keranjang dengan buku catatan, jurnal, dan barang lainnya. Untungnya, saya meninggalkannya di meja kopi, dan saya percaya bahwa ini mencegah rumah saya terbakar,” tambah Gagne.

Bagi mereka yang berpikir bahwa itu mungkin disebabkan baterai yang terlalu panas saat mengisi daya, ia menambahkan bahwa kabel daya laptopnya dalam kondisi dicabut. Layar monitornya ditutup dan sebenarnya dalam posisi Sleep Mode.

Meskipun Steve berhasil mencapai laptopnya tepat waktu, namun api telah meninggalkan bekas hangus di meja kopinya.

{Baca juga: Apple Tarik MacBook Pro 15 Inci Keluaran 2015-2017, Ini Alasannya}

Melaui postingannya itu, ia ingin memperingatkan orang lain tentang hal ini. Ia juga mengatakan akan berpikir ulang soal bagaimana dia akan menyimpan laptopnya di masa depan.

Ini bukanlah kejadian yang pertama. Sebelumnya seorang pengguna forum Reddit bernama White Panda melaporkan laptop seri MacBook Pro miliknya meledak hebat sampai mengeluarkan asap tebal.

Pria yang berprofesi sebagai DJ itu mengaku kaget saat peristiwa terjadi. Padahal, ia menggunakan perangkat tersebut secara normal.

“Kemarin sore, MacBook Pro saya meledak. Perangkat masih berada di pangkuan saya dan terkoneksi dengan internet. Saya panik manakala MacBook Pro tiba-tiba mulai mengeluarkan asap dari kedua sisi,” paparnya.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (31/5/2019), ia pun buru-buru meletakkannya di lantai seketika insiden terjadi. Tak lama berselang, api mulai membesar dan MacBook Pro miliknya terbakar. Asap membubung.

{Baca juga: Upss! MacBook Pro Tiba-tiba Meledak dan Terbakar}

“Asap berbau seperti racun memenuhi rumah saya. Alarm berbunyi. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan perangkat tersebut. Saya sudah mencoba datang ke Apple, tetapi belum ada tindakan apapun yang dilakukan,” katanya.

Perwakilan Apple mengatakan bahwa ia harus menunggu setidaknya 24 jam saat laptop disimpan di dalam brankas tahan api. Ternyata, memang terjadi permasalahan serius. Ia akan dikabari oleh Apple dalam lima hari ke depan. [BA/HBS]

Sumber: World of Buzz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here