Lensa Kontak Pintar Bisa Kontrol Diabetes

Telset.id, Jakarta – Periset dari Korea merancang lensa kontak pintar yang dapat diregangkan dan mampu memantau tingkat glukosa atau gula darah tanpa mengganggu penglihatan si pemakai.

Dikutip dari SlashGear, lensa kontak pintar tersebut memiliki semua komponen elektronik yang dibutuhkan untuk menerima daya nirkabel serta menghasilkan tampilan LED nan lembut, mudah diatur, dan transparan.

Para periset mengatakan bahwa perangkat itu bakal menjadi solusi tepat bagai para penderita diabetes tipe 1. Biasanya, pasien diabetes tipe 1 harus menusuk jari untuk menarik darah guna pengujian kadar glukosa.

Lensa kontak pintar temuan periset Korea tidak memerlukan darah untuk mendeteksi tingkat gula darah. Bila kadarnya berada di luar kisaran normal, LED akan otomatis mati.

Lensa kontak tersebut diyakini akan menjadi pesaing produk Google. Seperti diketahui, beberapa tahun lalu, Google juga mengembangkan teknologi serupa dengan fungsi yang sama.

Lensa kontak pintar Google menganalisa gula darah lewat air mata si pemakai. Di dalamnya terdapat lampu LED kecil yang bisa menyala untuk menunjukkan apakah kadar glukosa telah melintas di atas atau di bawah ambang batas tertentu.(SN/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here