Canggih! Layar Xiaomi Mi 11 Bisa Monitor Detak Jantung

Telset.id, Jakarta – Salah satu fitur yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 11 adalah sensor sidik jari yang ditanamkan di balik layar. Menariknya, fitur pemindai sidik jari di Xiaomi Mi 11 ternyata juga bisa digunakan untuk monitor detak jantung pengguna. Bagaimana caranya?

Xiaomi Mi 11 memiliki pemindai sidik jari di bawah layar. Fitur ini dipasok oleh vendor asal China bernama Goodix. Hadirnya fitur monitor detak jantung yang disatukan dengan pemindai sidik jari ini jelas sangat menarik.

“In Display Fingerprint Sensor optik ultra tipis dari Goodix berhasil diaplikasikan pada flagship baru ini. Memungkinkan (hadirnya) fitur pemantauan detak jantung Mi 11 yang dapat monitor detak jantung seakurat smart band atau smartwatch,” tulis Goodix sebagaimana dikutip dari XDA Developers, Selasa (29/12/2020).

Pengukur detak jantung yang disatukan dengan fingerprint scanner tersebut bekerja dengan teknik yang dikenal sebagai photoplethysmography (PPG). Sebelumnya, Apple Watch juga sudah menggunakan teknik ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Meski menarik, namun teknik PPG telah dikritik karena tidak akurat. Dalam makalah yang diterbitkan di Nature, ada tiga area di mana PPG dikatakan gagal, yakni jenis kulit yang beragam, gerakan, dan persilangan sinyal.

Meskipun PPG bukan cara yang paling akurat untuk mengukur detak jantung, namun ini adalah cara yang cukup nyaman dan mudah untuk mengetahui detak jantung dengan memanfaatkan smartphone.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Spesifikasi Xiaomi Mi 11
Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 mengusung layar AMOLED 6,81 inci beresolusi QHD+. Layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 480Hz. Sebagai perlindungan layar, terpasang Corning Gorilla Glass Victus terbaru.

Ponsel pintar ini menjadi yang pertama dengan mesin Snapdragon 888 yang dikombinasikan dengan RAM 8GB/12GB dan opsi memori internal 128GB/256GB. Sayang, Xiaomi tidak menyertakan slot microSD sebagai penyimpanan tambahan.

Suksesor Mi 10 ini ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.600 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 55W via kabel dan 50W secara wireless. Tak lupa, ponsel ini juga mendukung reverse charging.

{Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Meluncur Resmi, Pertama dengan Snapdragon 888}

Ke bagian kamera, terdapat tiga kamera utama di belakang dan satu kamera di depan. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP dengan sudut 123 derajat, dan lensa makro 5 MP. Pada bagian depan, tertanam kamera 20 MP yang terpasang di lubang punch hole di sisi kiri atas.

Xiaomi Mi 11 dijual dengan harga 3.999 Yuan atau setara Rp 8 jutaan untuk varian dasar. Sementara versi tertinggi dibanderol 4.699 Yuan atau sekitar Rp 10 jutaan. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -