Pakai ‘OLED Terintegrasi’, iPhone 13 akan Tampil Lebih Tipis

Benchmark Prosesor iPhone 12

Telset.id, Jakarta – iPhone 13 kabarnya akan berukuran lebih tipis daripada seri iPhone lainnya. Setidaknya, begitu desas-desus yang dilaporan oleh situs Korea ETNews tentang iPhone yang bakal rilis pada 2021 mendatang.

Belakangan banyak rumor yang beredar mengenai rencana peluncuran iPhone 12. Kabar terakhir, Apple tetap akan merilis iPhone 12 pada September 2020 mendatang meski ketersediaan barang menyusul kemudian.

Desain dan dukungan 5G di iPhone 12 sangat dinantikan oleh Apple Fanboy. Sebab, iPhone 12 diperkirakan membawa fitur baru yang lebih menarik. Namun, di sini kita tidak akan membicarakan mengenai iPhone 12.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Meski iPhone 12 belum rilis, sudah ada informasi tentang iPhone 13 yang akan meluncur pada 2021 mendatang. Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (23/07/2020), iPhone 13 bakal hadir dengan ukuran paling tipis.

Korea ETNews mewartakan, iPhone 13 akan menggunakan layar OLED dengan integrasi sentuhan. Maksudnya, dengan OLED terintegrasi sentuh, Apple akan memerlukan komponen lebih sedikit sehingga menghasilkan perangkat yang lebih tipis.

Sekadar informasi, saat ini, modul layar dan sentuh sensitif iPhone terpisah. Selain itu, dengan OLED terintegrasi pun, Apple bisa dengan bebas “berkreasi” dengan ruang ekstra yang ada.

Ukuran iPhone 13 yang lebih tipis juga bakal mengurangi biaya produksi. Yang jelas, meskipun Apple memangkas biaya di sana-sini, banderol iPhone 13 tidak akan murah.

Konsisten Gunakan OLED

Mulai dari seri iPhone 12, Apple akan konsisten untuk terus menggunakan panel OLED untuk jajaran smartphone terbaru mereka.

Asal tahu saja, beberapa tahun terakhir, iPhone hadir dengan variasi layar antara LCD dan OLED. Untuk iPhone model kelas bawah, Apple menggunakan LCD. Lain hal, di iPhone lebih mahal, Apple menggunakan OLED.

Namun, kebijakan serupa kemungkinan tidak bakal berlaku untuk iPhone 12. Menurut laporan Nikkei, tampaknya seluruh jajaran iPhone 12 akan menggunakan layar OLED.

Informasi itu menguatkan klaim yang muncul pada Januari 2019 lalu, yang menyatakan bahwa jajaran iPhone 12 akan 100 persen berlayar OLED. Klaim serupa sempat muncul beberapa waktu lalu.

{Baca juga: Tak Lagi LCD, Seri iPhone 12 Gunakan Layar OLED}

Selain semua berlayar OLED, iPhone 12 kemungkinan tidak akan disertai aksesori EarPods dan power adapter. Kabar menyebut bahwa iPhone 12 hanya akan disertai kabel pengisian daya di dalam boks kardus.

Maklum, menurut analis dari TFI Securities, Ming-Chi Kuo, Apple saat ini sedang berhemat. Ia mengemukakan bahwa di kardus iPhone 12, pembeli kemungkinan hanya akan menemukan kabel charger di dalam kardus. So, kita nantikan saja kebenarannya ya, sob! (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here