Komputer Ini Bisa Hancur Sendiri Saat Coba Diretas

Telset.id, Jakarta – Kasus peretasan kini sedang marak terjadi di seluruh dunia. Para hacker semakin gencar melakukan serangan dengan berbagai modus yang semakin canggih. Tak ingin jadi bulan-bulanan hacker, perusahaan bernama Orwl menciptakan komputer yang dapat memproteksi dirinya sendiri. Seperti di film Mission Impossible?

Untuk menggunakan komputer Orwl ini, si pengguna diberikan sebuah kunci khusus dengan teknologi NFC. Komputer ini baru mau bekerja jika kunci khusus tersebut ditempelkan pada sebuah slot yang menyerupai slot USB.

Selain itu, perangkat yang hadir dengan sistem operasi Windows, Ubuntu, dan juga Qubes OS ini juga memiliki perlindungan di tingkat sistem operasi yang tinggi. Komputer Orwl diklaim mampu bertahan dari serangan di level UEFI dan DMA, serta kebal dengan serangan USB exploit.

Akan tetapi, fitur yang paling menonjol dari Orwl adalah kemampuannya untuk mendeteksi serangan secara fisik, bahkan setelah komputer seukuran kepalan tangan ini tidak terhubung dengan sumber listrik.

Hasil gambar untuk Orwl

Ketika ada orang jahat atau hacker yang coba membuka komputer tersebut dengan paksa, maka pertahanan terakhir Orwl akan aktif. Hal ini dilakukan dengan menghapus semua data yang ada di dalam penyimpanan komputer, walaupun tidak tersambung dengan sumber listrik. Demikian seperti dikutip dari laman BGR.

Untuk menebus Orwl, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Ya, komputer yang bisa menghancurkan diri sendiri ini dijual seharga USD 1,699 atau sekitar Rp 22 juta per perangkatnya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli komputer yang mirip seperti di film Mission Impossible ini? [NC/HBS]

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0