telset

Kelebihan Teknologi Loop LiquidCool di HP Xiaomi, Mirip di Pesawat

Telset.id, Jakarta – Xiaomi mengumumkan teknologi baru yang disebut Loop LiquidCool. Teknologi pendingin prosesor smartphone Xiaomi ini diklaim akan memastikan proses pendinginan prosesor yang lebih efisien.

Metode pembuangan panas ini diklaim dapat memisahkan sirkulasi udara panas dan cairan pendingin yang menurunkan masalah konvensi panas pada prosesor smartphone Xiaomi.

Raksasa smartphone China ini menjelaskan bahwa teknologi pendingin Loop LiquidCool ini terinspirasi oleh sistem pendingin yang digunakan dalam teknologi kedirgantaraan. Teknologi Loop LiquidCool adalah cara baru pada ruang uap konvensional.

Baca juga: Kelebihan Teknologi 120W HyperCharge di Xiaomi 11T Pro

Teknologi pendingin Loop LiquidCool ini bekerja berdasarkan efek kapiler yang menarik zat pendingin cair ke sumber panas, menguap, dan kemudian menyebarkan panas ke area yang lebih dingin. Xiaomi berencana akan menerapkan teknologi ini di smartphone-nya pada paruh kedua tahun 2022.

Saat memamerkan teknologi barunya ini di blog resminya, Xiaomi mengklaim bahwa teknologi ini menawarkan kemampuan pendinginan dua kali lipat dibandingkan dengan solusi ruang uap (VC) konvensional.

Teknologi Loop LiquidCool mencakup sistem pipa panas annular yang dilengkapi dengan evaporator, kondensor, ruang isi ulang, pipa gas, dan cairan. Ketika ada beban kerja yang signifikan untuk smartphone, refrigeran evaporator menguap menjadi gas.

Selanjutnya, gas dan aliran udara kemudian berdifusi ke kondensor, dimana gas selanjutnya mengembun menjadi cair. Cairan ini diserap dan dikumpulkan melalui serat kecil di ruang isi ulang sehingga menjadikannya sistem mandiri.

Teknologi baru ini menggunakan metode yang sama dengan pendinginan cairan VC, kata Xiaomi. Meski begitu, sistem VC konvensional tidak memiliki saluran terpisah untuk gas dan cairan.

Dalam Teknologi Loop LiquidCool, pompa ini memiliki desain pipa gas khusus yang diklaim mampu mengurangi hambatan aliran udara hingga 30 persen dan meningkatkan kapasitas perpindahan panas hingga 100 persen.

Baca Juga: Perbandingan Xiaomi 11T vs Xiaomi 11T Pro

Dengan mikrostruktur Tesla Valve, sirkulasi satu arah dikatakan dapat mencegah panas bergerak mundur, dan meningkatkan kemampuan pembuangan panas ruang uap standar.

Xiaomi juga mengilustrasikan metode baru pada Xiaomi MIX 4 kustom dengan mengganti ruang uap asli dengan solusi Teknologi Loop LiquidCool yang baru.

Perusahaan asal China ini mengklaim bahwa selama 30 menit Genshin Impact berjalan pada 60 frame per detik (fps) dan pengaturan grafis maksimum, pemanasan tidak melebihi 47,7 derajat Celcius dan prosesor 8,6 derajat Celcius lebih rendah dari versi standar. [HBS]

Berita sebelumyaAsus ROG Phone 5s Pro
Berita berikutnyaInfinix Note 11s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0