Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57 yang Baru Diluncurkan di Indonesia

Telset.id – Oppo A57 resmi masuk ke Indonesia. Smartphone ini menyasar konsumen kelas menengah ke bawah dengan harga yang cukup terjangkau. Buat Anda yang ingin membeli smartphone tersebut, berikut ini kelebihan dan kekurangan Oppo A57.

Seperti diketahui kalau Oppo A57 merupakan seri terbaru yang dibawah Oppo ke Tanah Air. Smartphone ini membawa berbagai peningkatan dari seri-seri sebelumnya, sehingga memberikan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki smartphone seri terdahulu.

Akan tetapi, Oppo A57 bukan tanpa celah. A57 bukan smartphone yang sempurna, sehingga terdapat beberapa kekurangan yang patut diperhatikan. So! buat Anda yang berencana untuk membeli Oppo A57, perhatikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya ya!

BACA JUGA: 

Kelebihan Oppo A57 

Sebagai smartphone baru, terdapat sejumlah kelebihan dari Oppo A57. Kelebihan yang ditawarkan menyangkut spesifikasi mulai dari layar hingga teknologi pengisian daya. Berikut ini kelebihan dari Oppo A57.

1. Layar Resolusi HD+ dan Pemindai Sidik Jari 

Layar Oppo A57

Kelebihan pertama terdapat dari segi layar. Layar Oppo A57 menggunakan layar IPS LCD berukuran cukup besar yakni 6,56 inci. Bukan cuma itu resolusi layarnya adalah 720 x 1612 piksel atau HD+, sehingga cukup nyaman ketika dipakai untuk bermain game atau streaming video.

Selain itu layar HP terbaru Oppo ini memiliki sudut penglihatan dan tingkat kecerahan yang baik. Dengan begitu, layar masih bisa dilihat dengan baik saat Anda berada di dalam atau luar ruangan.

Bukan cuma layarnya yang bagus. Oppo A57 juga memiliki kelebihan lain, yakni dibekali oleh pemindai sidik jari yang terletak di body samping. Pemindai sidik jarinya menyatu dengan tombol power, dan memiliki sensitivitas yang baik sehingga pemindai bisa dibuka dengan cepat.

2. Desain Premium Oppo Glow

Desain Oppo A57

OPPO A57 memiliki dimensi 163,8 x 75,1 x 8 mm dengan berat 186 gram, sehingga cukup ramping dan ringan. Lalu, desain HP ini juga menarik karena Oppo menghadirkan desain bernama Oppo Glow di seri A57.

Desain Oppo Glow awalnya hanyaada di seri Oppo Reno saja. Namun, Oppo memberikan desain tersebut ke HP ini sehingga A57 tampak seperti smartphone premium.

Desain Oppo Glow memiliki ciri khas seperti body belakang yang tampak berkilau, ketika berada di ruangan dengan pencahayaan yang terang. Selain itu body smartphone juga terpasang lapisan khusus sehingga jamur dan sidik jari tidak mudah menempel.

Kemudian, bagian sisi body sengaja dibuat menonjol, supaya dapat melindungi layar saat smartphone terjatuh.

3. Tahan Air dan Debu

Daya tahan smartphone ini tidak bisa dianggap remeh. Oppo A57 mengantongi sertifikasi IP54, yang artinya smartphone ini tahan terhadap percikan air. Jadi smartphone ini cukup tangguh ketika dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu smartphone telah lolos uji tes 20 ribu kali plug in USB, 150 ribu kali tes tombol volume dan 500 ribu kali tes tombol daya.

4. Suara Speaker Stereo Jernih 

Speaker Oppo A57

Oppo membawa fitur Ultra – Linier Stereo Speaker dan teknologi DIRAC 3.0. Hal ini membuat suara speaker stereo tetap jernih, walaupun volume suara dimaksimalkan hingga 100%.

Posisi speaker berada di bagian bawah dan atas, sehingga suara dapat keluar dengan maksimal.

5. Fitur Mode Malam di Kamera Depan 

Kamera depan Oppo A57 adalah kamera wide dengan resolusi 8 MP aperture f/2.0. Di kamera ini dipasang beberapa fitur, yang salah satunya fitur mode malam. Fitur yang cukup menarik, karena selama ini mode malam kerap dipasang di kamera depan saja.

Jadi melalui fitur mode malam di kamera selfie, membuat Anda bisa menghasilkan foto selfie yang memukai di malam hari atau di ruangan dengan pencahayaan yang rendah.

6. Fitur SuperVOOC 33W 

Pengisian daya yang cepat, menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh pengguna smartphone. Sadar akan hal tersebut, Oppo A57 memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh dengan teknologi fast charging atau SuperVOOC 33W.

Baterai Oppo A57

Teknologi tersebut, membuat proses pengisian daya dari 0% sampai dengan 50% hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Durasi yang cukup cepat, karena Anda bisa langsung melakukan kegiatan lain karena baterai dapat terisi dengan cepat.

BACA JUGA:

Kekurangan Oppo A57 

Meski memiliki berbagai kelebihan, ternyata Oppo A57 memiliki cukup banyak kekurangan. Total ada 4 kekurangan dari Oppo A57 khususnya berkaitan dengan spesifikasi smartphone tersebut.

1. Desain Kamera Depan Standar 

Sebagai seri A terbaru, seharusnya Oppo memberikan inovasi terkait dengan kamera depan A57. Akan tetapi, hal tersebut tidak dilakukannya dan Oppo A57 masih menggunakan model Water Drop, yang agak menganggu.

Alhasil meski bagian belakang Oppo A57 tampak mewah dengan Oppo Glow, tampilan layarnya tergolong standar sehingga membuat HP ini seperti HP seri terdahulu.

2. Tidak Memakai Chipset Gaming 

Chipset MediaTek Helio G35

Oppo A57 ditenagai oleh SoC MediaTek Helio G35, dengan CPU Octa-Core Cortex A53 dan GPU IMG PowerVR GE8320. SoC MediaTek Helio G35 bukan chipset gaming, dan masuk dalam kategori chipset kelas bawah.

Sebab berdasarkan pengujian bechmark menggunakan AnTuTu, skor yang diperoleh chipsetnya hanya 114.176.  Jadi kurang cocok dipakai untuk gaming, tetapi cukup mumpuni ketika diajak untuk aktivitas sehari-hari.

Selain chipset yang standar, kapasitas RAM dan memori smartphone ini juga cukup kecil. Oppo A57 ditopang oleh RAM 4 GB dengan memori 64 GB. Untungnya terdapat fitur Extended RAM sehingga kapasitas RAM bisa ditambah 4 GB hingga totalnya menjadi 8 GB.

3. Refresh Rate Layar Masih 60Hz 

Kekurangan Oppo A57 berikutnya adalah refresh rate layar. Kualitas refresh rate layar smartphone ini hanya 60Hz saja. Padahal rata-rata smartphone yang dirilis beberapa tahun terakhir, refresh ratenya menapai 90Hz hingga 120Hz.

Layar Oppo A57

Adapun dengan refresh rate 60Hz, HP ini tidak mampu memberikan grafis yang maksimal ketika dipakai untuk bermain game.

4. Spesifikasi Kamera Standar 

Kekurangan Oppo A57 yang terakhir adalah memiliki spesifikasi kamera yang standar. Smartphone ini memiliki kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2. Kamera utama ini dipadukan dengan kamera depth 2 MP dengan aperture f/2.4.

kamera A57

Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP aperture f/2.0. Spesifikasi kamera yang tergolong standar, karena banyak smartphone dengan harga yang sama memiliki spesifikasi kamera yang lebih tinggi.

Itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A57. Buat Anda yangt tertarik untuk membelinya, Oppo A57 dijual seharga Rp 2.399.000 dan tersedia dalam varian warna Glowing Black dan Glowing Green.

SPESIFIKASI OPPO A57 

  • Rilis: Juli 2022
  • Network: 2G, 3G, 4G
  • OS: Android 12, ColorOS 12.1
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori: 64 GB
  • Dimensi: 163.7 x 75 x 8 mm, 187 gram
  • Layar: IPS LCD 6,56 inci dengan resolusi HD+.
  • Kamera Utama: 13 MP (wide) + 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (wide)
  • Baterai: 5000mAh, Fast charging 33W
  • NFC: No
  • Warna: Glowing Black, Glowing Green
  • Harga: Rp 2.399.000.

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57 2022 Berikut Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0