Kelebihan Galaxy Z Flip4 yang Tidak Ada di HP Lain, Termasuk iPhone!

Telset.id – Sebagai perangkat lipat dengan form factor clamshell, ada banyak hal yang membuat Galaxy Z Flip4 5G menjadi lebih unik dari smartphone lain. Beberapa fitur yang ada pada generasi keempat Galaxy Z Flip ini bahkan tidak bisa ditemukan pada smartphone lainnya, termasuk di iPhone. Salah satunya, fitur FlexCam.

Bicara soal Galaxy Z Flip4 5G, sudah pasti kita akan membahas desain lipatnya yang unik. Namun nyatanya tidak hanya unik, Samsung juga memberikan banyak peningkatan pada generasi keempat Galaxy Z Flip ini.

Dengan form factor clamshell, Galaxy Z Flip4 5G tampil begitu ringkas dibanding smartphone lainnya, baik saat digunakan maupun ketika disimpan di kantong atau tas kecil. Dan yang paling istimewa, ponsel ini punya Cover Screen yang menawarkan banyak fungsi walau dalam keadaan terlipat, tanpa harus membukanya.

Pengguna Z Flip4 sekarang bisa lebih “sat set sat set”, karena cukup dengan 1-2 tap atau swipe, kamu bisa bikin konten, menelepon, hingga balas chat. Semua itu hanya bisa kamu nikmati di Galaxy Z Flip4 5G.

Hebatnya, Samsung juga telah membuat banyak peningkatan pada Galaxy Z Flip4, termasuk menjadikannya smartphone lipat tahan air dengan spesifikasi kelas atas seperti saat ini. Beberapa fitur Galaxy Z Flip4 bahkan tidak bisa ditemukan pada smartphone lainnya, termasuk di iPhone.

Dan asal tahu saja, sejak Galaxy Z Flip3 diluncurkan, Cover Screen telah ditingkatkan ukurannya menjadi 1.9 inci, hingga memiliki fungsi yang lebih beragam. Dari mulai kemudahan pengambilan foto hingga video, notifikasi yang lebih nyaman hingga kustomisasi yang lebih menyenangkan.

Bicara soal fitur Galaxy Z Flip4 , salah satu yang paling menarik dan unik adalah fitur baru bernama FlexCam. Mau tahu kelebihan fitur yang satu ini? Mari kita menguliknya lebih dalam.

BACA JUGA:

Kelebihan Fitur FlexCam di Galaxy Z Flip4 5G

 

Fitur FlexCam di Galaxy Z Flip4 5G mengacu pada kemampuan ponsel lipat ini untuk mengambil foto dan video secara handsfree. Sederhananya, ini adalah istilah yang digunakan Samsung untuk penggunaan kamera Galaxy Z Flip4 ketika smartphone dilipat di antara sudut 75-115 derajat.

Lewat fitur FlexCam di Galaxy Z Flip4 5G, pengguna bisa memanfaatkan desain engsel Flip untuk menopang kamera pada permukaan yang berbeda dan mengambil foto tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Bagi sebagian orang yang mungkin familiar dengan handycam atau camcorder, fitur FlexCam kira-kira mengubah Z Flip4 menjadi salah satu dari kedua perangkat kamera tersebut. Yups, mirip-miriplah.

Karena ketika mode FlexCam diaktifkan dan smartphone sedang dioperasikan dalam mode landscape, bagian bawahnya bisa digenggam tangan. Dengan begitu, bagian atas layar pun akan menghadap ke depan untuk mengambil gambar. Nah, mirip kan? Pengguna iPhone 14 bisa ngebayangin gak? Hmm.. mungkin agak susah ya, karena memang fitur ini belum ada di iPhone.

Kelebihan Galaxy Z Flip4 flexcam

Tidak berhenti sampai disana. Untuk membuat FlexCam semakin revolusioner, Samsung juga membuatnya bisa berfungsi dengan aplikasi lain, katakan saja Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Dimana pengguna dapat membuat story dan reels di Instagram secara handsfree.

“Rekam video hands-free atau ambil selfie grup dari berbagai sudut dengan melipat sebagian Z Flip4 untuk mengaktifkan FlexCam,” kata Samsung saat memperkenalkan Z Flip4, mengindikasikan betapa fitur ini diunggulkan dan sangat spesial.

Dan benar saja, Z Flip4 memang dibuat untuk benar-benar handsfree. Bukan saja untuk mengambil foto atau video, melainkan lebih banyak hal lainnya, tanpa harus membuka ponsel. Mulai dari melakukan panggilan, membalas SMS, hingga membuka kunci mobil, langsung dari Cover Screen atau layar sampul.

Hal serupa dapat juga dilakukan saat pengguna Galaxy Z Flip4 ingin selfie. Bisa dari Cover Screen, dengan memanfaatkan kamera utama dengan Quick Shot yang ditingkatkan. Rekam video dalam mode Quick Shot, lalu beralih ke mode Flex untuk melanjutkan perekaman handsfree tanpa menghentikan video — ini cocok untuk pembuat konten dan vlogger.

Selain mengambil foto, kini fitur Quick Shot juga mendukung fitur perekaman video yang bisa langsung dilakukan melalui Cover Screen. Tak hanya itu, layar sampul kini juga mendukung fitur pemotretan dengan efek buram (bokeh) dengan menggunakan Portrait Mode.

Kelebihan Galaxy Z Flip4

Kita juga bisa mengatur aspect ratio dari tampilan kamera di Cover Screen tersebut, sehingga bisa selfie dengan preview seperti menggunakan smartphone pada umumnya untuk hasil yang lebih proporsional.

Nah, buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya selfie dengan menggunakan Cover Screen di Galaxy Z Flip4 5G, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Saat perangkat dalam keadaan terlipat, tekan tombol Power dua kali untuk membuka tampilan kamera di Cover Screen
  • Swipe ke kiri atau kanan untuk memilih mode Photo, Video, atau Portrait sesuai keinginan
  • Swipe ke atas atau ke bawah untuk zoom out atau zoom in. Kamu juga bisa tap Cover Screen dua kali untuk mengatur zoom
  • Tap Cover Screen atau tekan tombol Volume untuk memotret atau merekam

BACA JUGA:

Personalized Customization Makin Kece

Salah satu keunggulan Cover Screen di Galaxy Z Flip adalah kustomisasi yang terbilang unik, dimana Galaxy Z Flip4 5G menawarkan lebih banyak pilihan desain jam baru sekaligus kemudahan lebih dalam mengatur latar belakang dengan berbagai format, mulai dari gambar, GIF, hingga video.

Selain itu, pengguna juga bisa memasang karakter AR emoji-nya sendiri di Cover Screen, di mana karakter tersebut bisa memunculkan ekspresi yang berbeda di berbagai momen, apakah itu saat perangkat menyetel musik, menerima notifikasi, atau ketika sudah lowbat. Untuk membuat Galaxy Z Flip4 5G Anda benar-benar identik dengan Anda, berikut caranya:

  • Buka > Settings
  • Lalu pilih > Cover Screen
  • Kemudian pilih > Clock Style
  • Pilih opsi tampilan jam yang diinginkan.

Jika kamu memilih Basic, kamu bisa customize lebih lanjut dengan pilih Clock background image untuk memasukkan gambar atau video dari Gallery. Jika pilihan kamu jatuh pada Graphical, maka ada opsi Gradient font, Flower garden, dan AR emoji yang bisa dipilih.

  • Jika sudah, silahkan pilih > Done saat sudah selesai, lalu lipat Galaxy Z Flip4 5G dan lihat perubahannya pada Cover Screen

Customize juga bisa dilakukan langsung dari Cover Screen. Berikut caranya:

  • Pertama tap > Cover Screen dua kali, lalu tekan lama tampilan jam pada Cover Screen
  • Lalu Swipe ke kanan atau ke kiri untuk memilih tampilan jam yang diinginkan

Gimana, caranya sangat gampang bukan? Kamu bisa langsung mencobanya, biar tampilan Galaxy Z Flip4 kamu lebih personal dan semakin kece.

Kelebihan Galaxy Z Flip4

Bicara soal spesifikasi utamanya, Samsung Galaxy Z Flip4 hadir dengan layar utama full HD+ berukuran 6,7 ​​inci Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display, dan sudah mendukung teknologi refresh rate adaptif 120Hz dengan aspek rasio 22:9. Cover screen sendiri berbahan Super AMOLED dengan ukuran 1,9 inci dan resolusi 260 x 512 piksel.

Untuk dapur pacu, penerus Z Flip3 ini mempercayakan hidupnya pada Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, yang diklaim 10 persen lebih bertenaga dibanding chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan Galaxy S22 Series.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 12GB (LPDDR5) dengan tiga opsi media penyimpanan UFS 3.1, masing-masing dengan kapasitas 256GB, 512GB, dan 1 TB. Samsung juga memberikan peningkatan kapasitas baterainya, menjadi 3.700mAh dari sebelumnya 3.300mAh, dan sudah mendukung pengisian cepat 25W.

Baterainya diklaim mampu mengisi daya dari nol hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit, berkat dukungan teknologi Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare. Selengkapnya, kamu bisa lihat spesifikasi lengkap Galaxy Z Flip4 5G, biar lebih tahu kemampuannya.

Bicara warna, tak seperti sang pesaing yang minim pilihan, Galaxy Z Flip4 hadir dalam empat warna berbeda, yakni Graphite, pink gold, blue, dan Bora purple khasnya. Harganya mulai dari Rp 13.999.000.

Buat kamu yang kreatif suka ngutak-atik warna, Samsung juga menghadirkan Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition untuk membebaskan kamu berkreasi memilih warna perangkat yang diingingkan. Ada lima varian warna yang bisa dipilih, White, Yellow, Khaki, Navy, Red, untuk komponen cangkang bagian atas dan bawah engsel.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih tiga varian warna tambahan, Black, Silver, dan Gold, khusus untuk lapisan engselnya. Kombinasi warna-warna ini diklaim dapat menghasilkan sekitar 75 kombinasi warna Galaxy Z Flip 4 Bespoke Edition yang dapat diatur sesuai dengan kemauan kalian. Sangat menarik, bukan. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0