Kecerdasan Buatan dan IoT Warnai Produk LG 2019

Telset.id, Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini, LG Electronics Indonesia (LG) mengaku tengah fokus menggeber produk elektronik premium berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan Internet of Things (IoT).

Mengawali langkah di kuartal kedua tahun ini, LG mengumumkan jajaran produk terbarunya yang mengadopsi teknologi masa depan tersebut.

Mulai dari perangkat elektronik rumah tangga dan pendukung hiburan dalam rumah, yang menjadikannya menarik. Mereka mengemukakan keberadaan seri LG ThinQ diantara koleksi produk premiumnya ini.

Keberadaan dukungan LG ThinQ menyiratkan pengembangan dengan dukungan Internet of Things dan Artificial Intelligence yang bersanding dengan berbagai inovasi fitur di dalamnya.

{Baca juga: Canggih, LG Patenkan Teknologi “Layar Ponsel Speaker”}

“Interaksi lebih baik, peningkatan kenyamanan yang tak sekedar kayanya fitur serta memastikannya penggunaan dalam waktu panjang merupakan warna utama koleksi LG di tahun ini,” ujar Seungmin Park, President Director LG Electronics Indonesia.

Diperkenalkan perdana akhir tahun 2017, LG ThinQ merefleksikan upaya berkelanjutan perusahaan dalam pengembangan produk dengan dukungan IoT dan AI.

Penyebutan yang bertautan dengan “think of you” membawa semangat yang mendasari perusahaan dalam pengembangan yang berfokus pada konsumen.

Di 2019 ini dukungan LG ThinQ pada koleksi terbaru LG salah satunya perangkat TV. Wujud LG ThinQ pada seri premium TV ini hadir melalui pengembangan kecerdasan buatan (AI) dengan dukungan prosesor terbaru bernama α (Alpha) Gen 2.

Letak kepintaran prosesor generasi kedua ini ada pada algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning) yang memberi dukungan peningkatan pada sisi visual dan audio untuk memberi pengalaman sinematik lebih menyeluruh.

“Kemampuan ini memastikan mata menangkap berbagai tayangan dengan nyaman pada kondisi pencahayaan yang berubah-ubah,” ujar Julius, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia.

{Baca juga : LG akan Fokus Mengembangkan AI}

Sementara dukungan LG ThinQ di produk AC dimiliki pada model Deluxe  (P10RV3 & P13RV3) dan Smart Big Capacity (E13SIV4 & E19SIV4). Dukungan kepintaran ini membuat pengguna dapat mengendalikannya dari jarak jauh melalui keterhubungan dengan WiFi router.

Melalui unduhan aplikasi pada smartphone, pengguna dapat memilih kendali seluruh AC di rumah dari satu smartphone ataupun sebaliknya.

Ruang cuci pun tak luput dari sentuhan LG ThinQ. Menaruh perhatian pada tingginya mobilitas berhadapan dengan aktivitas mencuci pakaian yang kerap menjadi beban karena menyita waktu.

LG ThinQ mengambil alih mulai dari fungsi dasar hingga pada kebutuhan perbaikan. Fungsi dasar dimaksud yaitu untuk mengaktifkan dan mengetahui proses pencucian selesai, dapat dilakukan melalui smartphone dengan keterhubungan WiFi.

Sementara di sisi lain, fitur Smart Diagnosis di dalam LG ThinQ yang diterapkan pada mesin cuci, membuat penggunanya dapat memperoleh bantuan cepat untuk beberapa masalah operasional mesin cuci tanpa perlu lagi menunggu jasa layanan perbaikan.

Setelah mengaktifkan menu pada aplikasi, pengguna cukup mendekatkan smartphone pada bagian tubuh mesin cuci yang bertanda khusus.

Setelah beberapa saat, informasi mengenai diagnosis masalah dan solusi terpampang pada layar smartphone.

“Bahkan untuk permasalahan kecil, solusi yang diberikan memungkinkan pengguna untuk melakukan perbaikan mandiri. Mengurangi kemungkinan waktu mencuci yang tertunda sekaligus biaya yang harus keluar untuk memanggil layanan perbaikan,” ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

{Baca juga: Terus Merugi, LG Belum Mau Tinggalkan Bisnis Ponsel}

Dan terakhir Dukungan LG ThinQ terdapat pada Kulkas seri premium dari LG Black Series ini. Salah satunya, membuat pengguna dapat melakukan pengaturan suhu dari perangkat smartphone.

Di bagian lain, fitur unik Smart Diagnosis™ pun turut melengkapi keberadaan LG ThinQ. Alih-alih memanggil layanan purna jual dan perbaikan yang memerlukan waktu tunggu, fitur Smart Diagnosis akan membuat pengguna dapat mengenali penyebab gangguan pada kulkas LG Black Series. (MS)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0